Earth Day, PT Semen Padang Manfaatkan Slude Oil Sebagai Energi Alternatif

"Pemanfaatan Slude Oil ini sudah sesuai dengan PP No 101 tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah B3 dan pemanfaatannya sangat menguntungkan PT Semen Padang, karena dapat menekan biaya produksi mencapai Rp16, 8 miliar setahun"
Staf Biro Inovasi & AFR PT Semen Padang, Athila Boer (Istimewa)

KLIKPOSTIF -- Sebagai perusahaan semen yang bergantung kepada energi, PT Semen Padang terus melakukan berbagai inovasi. Diantaranya, memanfaatkan slude oil (limbah pencucian tangki minyak dan kapal tengker minyak) sebagai energi alternatif.

Limbah dari pencucian tangki dan kapal tengker Pertamnina RU II Dumai dan Pertamina Prabumolih di Sumsel itu, saat ini tengah diuji coba pemakaiannya di kilen Pabrik Indarung II dan III.

Staf Biro Inovasi & AFR PT Semen Padang, Athila Boer mengatakan, pemanfaatan Slude Oil ini sudah sesuai dengan PP No 101 tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah B3 dan pemanfaatannya sangat menguntungkan PT Semen Padang, karena dapat menekan biaya produksi mencapai Rp16, 8 miliar setahun.

Pasalnya, pemanfaatannya bisa mengurangi pemakaian bahan bakar batu bara mencapai 28 ribu ton batu bara dalam setahun, karena kalori slude oil ini mempunyai nilai kalori sekitar 8.000 Kkal/kg dan hampir dua kali lipat dari nilai kalori batu bara yang hanya 5.000 Kkal/kg.

"Rencananya Juni mendatang, pemanfaatan slude oil ini akan dilakukan secara kontinue. Saat ini, kami tengah mendesain alat pemanas untuk Slude Oil ini," kata Athila Boer kepada KLIKPOSITIF, Jumat, 22 April 2016.

Di samping menekan biaya produksi, Semen Padang juga diuntungkan oleh Pertamina RU II Dumai dan Pertamina Prabumolih, karena Semen Padang mendapatkan kompensasi dari pemanfaatan limbah slude oil tersebut.

Kompensasi itu didapat, karena Semen Padang mempunyai tempat pemanfaatan limbah B3 (Bahan Berbaha dan Beracun) yang sudah mendapatkan izin dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dan sistim pemanfaatan limbah tersebut juga ramah lingkungan.

"Kita diberikan kompensasi, karena Pertamina RU II Dumai dan Pertamina Prabumolih tidak memiliki tempat pemusnahan limbah B3," ujarnya.

Ia juga menuturkan bahwa proses pemanfataan Slude Oil sebagai energi alternatif, yaitu setelah dibawa dari lokasi limbah ... Baca halaman selanjutnya