Dirut: Semen Padang Siap Membantu Pemulihan Pascabencana di 50 Kota

"Bantuan yang diberikan berupa tenaga (melalui Tim Reaksi Cepat) dan bantuan untuk membangun infrastruktur terdampak"
Kunjungan Dirut PT. Semen Padang, Benny Wendry ke Kabupaten 50 kota (KLIKPOSITIF/Pundi F Akbar)

LIMAPULUHKOTA, KLIKPOSITIF -- PT. Semen Padang bergerak cepat membantu pemulihan akibat bencana banjir dan longsor yang terjadi di Kabupaten 50 Kota.

Direktur Utama Semen Padang Benny Wendry mengatakan bantuan yang diberikan berupa tenaga (melalui Tim Reaksi Cepat) dan bantuan untuk membangun infrastruktur terdampak.

Bantuan untuk infrastruktur berupa semen dengan jumlah 1.000 sak. "Kami menyerahkan kepada Bupati untuk distribusinya kepada korban," ujarnya saat menyerahkan langsung bantuan di posko logistik di GOR Singa Harau Sarilamak, Selasa (7/12). Usai menyerahkan bantuan, Dirut langsung meninjau lokasi bencana.

Benny mengatakan perusahaan akan mengerahkan seluruh kemampuan untuk membantu memulihkan kondisi pasca bencana. Selain TRC yang telah turun ke lokasi sejak Sabtu (4/12), bila dibutuhkan, akan menurunkan pula tim medis.

Koordinator TRC Semen Padang Kiki Warlansyah mengatakan timnya akan berada di lokasi bencana hingga Rabu atau tiga hari setelah masa tanggap darurat ditetapkan.

Selama di sana, TRC yang berjumlah 17 orang telah melakulan pelbagai kegiatan seperti pembersihan fasilitas umum dari sisa banjir yang lokasinya berkoordinasi dengan BPBD. Fasilitas umum yang dibersihkan yaitu Masjid Raya Pangkalan, Musala Al-Maanar 1 Jorong Koto Panjang, Musala Al-Manaar 2 Jorong Koto Panjang, TK Qolbina Ikhlas Sopang, dan MTSn Muhammadiyah Pangkalan.

"Pembersihan fasilitas umum dilakukan pada H+1 tepatnya Sabtu," ujarnya. Awalnya, sebut Kiki, tim hanya berada di Pangkalan hingga Senin. Tapi mengingat banyaknya lokasi terdampak, tim memutuskan membantu korban hingga Rabu.

Sebab, sebut Kiki, setelah masa kesiapsegeraan selesai dan masuk tanggap darurat, masih banyak yang dibutuhkan korban. Salah satunya kebutuhan air bersih.

Maka, pada Senin, TRC mendistribusikan air bersih ke 4 jorong di Pangkalan yaitu Jorong Pasa Usang, Jorong Lakuak ... Baca halaman selanjutnya