TRC Semen Padang Asesmen dan Kirim Logistik ke Gelugur

"Selain menyalurkan logistik kebencanaan berupa Sembilan Bahan Pokok (Sembako) tim yang hari ini (Kamis 9/3) berangkat ke Nagari Gelugur, juga sekaligus melakukan assesmen untuk memastikan keperluan semua masyarakat yang ada di daerah itu."
TRC Semen Padang sebelum keberangkatan menuju Nagari Gelugur mengantar Sembako dan melakukan asesmen kebencanaan (Istimewa)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF  -- Tim Reaksi Cepat (TRC) PT Semen Padang, mulai menyalurkan bantuan logistik ke daerah terisolir akibat bencana alam banjir dan tanah longsor di Kabupaten Limapuluh Kota, setelah Rabu (9/3) berhasil menerobos daerah tersebut melalui jalur darat dengan membuka jalur baru, bersama Danramil 07 Kapur IX, Luud Guntono, serta camat Kapur IX.

Selain menyalurkan logistik kebencanaan berupa Sembilan Bahan Pokok (Sembako) tim yang hari ini (Kamis 9/3) berangkat ke Nagari Gelugur, juga sekaligus melakukan assesmen untuk memastikan keperluan semua masyarakat yang ada di daerah itu.

"Pagi ini kami telah berangkat ke Nagari Gelugur yang sebelumnya terisolir akibat banjir dan longsor yang terjadi di Limapuluh Kota, Kami berangkat bersama dengan Danramil 07 Kapur IX, Luud Guntono untuk penyaluran sembako ini, dimana sebelumnya tim TRC juga telah berhasil membuka jalan baru ke lokasi tersebut," kata Anggota TRC yang mengirimkan langsung sembako ke Nagari Gelugur, Kecamatan Kapur IX, Asrul, Kamis (9/3).

Ia menambahkan, bantuan logistik berupa beras, mie instan, susu, makanan bayi, dan lainnya, dikirimkan melalui jalan darat menggunakan empat unit kendaraan 4WD. Bantuan untuk daerah tersebut sebelumnya baru bisa dikirim melalui hellikopter BNPB, dan hari ini telah bisa melalui darat.

Sementara itu, setelah membagikan logistik kebencanaan di daerah itu, TRC juga akan langsung melakukan assesmen lanjutan, untuk melihat keperluan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat, untuk tindak lanjut bantuan selanjutnya.

Berdasarkan data yang telah didapat oleh TRC PT Semen Padang, saat ini di Nagari Gelugur terdapat setidaknya 1.500 jiwa yang merupakan masyarakat terdampak bencana, sehingga juga perlu perhatian oleh berbagai pihak, seperti daerah lainnya di Kabupaten Limapuluh Kota yang mengalami dampak akibat banjir dan longsor yang menerjang daerah daerah tersebut pada Jumat ... Baca halaman selanjutnya