Mengenal Pembangunan Jembatan Barelang

"Penggunaan produk PT. Semen Padang yang digunakan sebagai bahan pembangunan ini merupakan pilihan yang tepat."
Jembatan Barelang yang ada di Provinsi Riau, Indonesia (Batam News)

KLIKPOSITIF -- Positifers, pernahkah kalian mendengar nama Jembatan Barelang? Mungkin bagi yang pernah pergi ke Batam mengetahui tentang jembatan ini. Jembatan ini telah menjadi ikon Kota Batam. Kota metropolitan yang dikenal juga sebagai kota industri yang berbatasan langsung dengan Singapura.

Dilansir dari berbagai sumber, jembatan ini memiliki nama asli 'Jembatan Fisabilillah'. Namun jembatan ini lebih populer dengan nama 'Jembatan Barelang', karena menghubungkan pulau Batam, Rempang, dan Galang.

Jembatan ini digagas oleh B.J. Habibie ketika menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi pada tahun 1978-1998. Pembangunan ini menelan biaya Otorita Batam (OB) lebih dari 400 Milyar dengan kurun waktu pembangunan enam tahun dari tahun 1992-1998.

Jembatan Barelang bisa dikatakan sebagai mahakarya putra-putri Indonesia karena jembatan ini merupakan pilot project (Pelaksanaan kegiatan proyek percontohan yang dirancang sebagai pengujian/trial) berteknologi tinggi. Untuk pembangunannya dilakukan oleh ratusan insinyur Indonesia tanpa keterlibatan dari tenaga ahli luar negeri.

Ada hal lainnya yang mesti kita ketahui positifers, jembatan yang berdiri dengan kokoh ini ternyata pembangunannya menggunakan semen asli produk Indonesia yakni Semen Padang. Semen Padang membutikkan bahwa kualitas dari semen ini dapat dipercaya dengan jaminan mutu dan kekuatannya.

Penggunaan produk PT. Semen Padang yang digunakan sebagai bahan pembangunan ini merupakan pilihan yang tepat. Karena Semen Padang memang telah dipercaya sebagai produk yang tidak hanya dikenal karena superbrand yan dimilikinya,

Suatu kebanggaan juga bagi kita tentunya bukan mengetahui hal tersebut. Karena jembatan ini memang tidak kalah dengan Jembatan Suramadu, Jembatan Ampera ataupun jembatan yang lainnya yang ada di Indonesia.