TRC Semen Padang Keluarkan Rekomendasi Hasil Survei Batu Busuk

"setelah tim diturunkan kelapangan, dan melakukan survei pada Sabtu (8/4) hasilnya ada dua rekomendasi yang kami ajukan dan perlu untuk ditindak lanjuti."
Kegiatan survei TRC di Batu Busuk (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Tim Reaksi Cepat (TRC) PT Semen Padang yang telah melakukan survei di kawasan sungai Batu Busuk, mengeluarkan rekomendasi untuk perbaikan aliran sungai tersebut kedepennya.

Koordinator TRC PT Semen Padang, Kiki Warlansyah di Padang, Senin (10/4) mengatakan, setelah tim diturunkan kelapangan, dan melakukan survei pada Sabtu (8/4) hasilnya ada dua rekomendasi yang kami ajukan dan perlu untuk ditindak lanjuti.

"Rekomendasi dari TRC tersebut yakni kembali perlu dilakukannya survei di aliran Sungai Batang Limau Manis di mulai dari Danau Kering kemudian menysisir ke arah muara sampai di Kampus Unand, serta perlunya melakukan penghijauan di daerah lahan yang gundul sekitar kawasan aliran sungai tersebut," kata Kiki.

Ia menambahkan, saat survei pada Sabtu (8/4) memang ditemukan kendala berupa kondisi cuaca yang tidak baik atau hujan lebat di patamuan dan hulu sungai.

Survei yang dilakukan tim TRC Semen Padang, pada Sabtu (8/4) menemukan sepanjang aliran sungai Batu Busuk mulai dari PLTA sampai Patamuan tidak terdapat tumpukan pohon tumbang serta tidak ditemukan daerah aliran sungai berpotensi longsor. Daerah Dam di Patamuan ditemukan tumpukan material sudah hampir sama tingginya dengan top dam itu sendiri sehingga akan mengganggu supply air menuju PLTA Kuranji.

Selain itu juga ditemukan beberapa batang pohon yang tumbang tetapi relative tidak mengganggu aliran sungai, yaitu di depan saringan Intake PLTA Kuranji dan di Lubuk Lundang.

Ditemukan area perbukitan relative gundul di koordinat 100⁰ 28 ’ 27,06” BT - 00⁰ 52’ 27,06” lintang selatan atau daerah Padang Runtuh. Aliran sungai untuk Padang Karuah dan Padang Janiah sepanjang tiga kilometer, menuju hulu sungai dari patamuan relative bersih dari pepohonan yang tumbang.

Sehubungan dengan itu, sebelumnya diberitakan, survei dilakukan berdasarkan laporan yang disampaikan masyarakat kepada BPBD Kota ... Baca halaman selanjutnya