Peringati HKBN Semen Padang Imbau Semua Afiliasi Cerdas Bencana

"perusahaan telah menetapkan untuk semua karyawan atau pekerja yang ada di semua unit perusahaan atau afiliasi untuk ikut serta dalam peringatan HKBN 2017."
Pelaksanaan Simulasi Bencana PT Semen Padang sambut HKBN (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- PT Semen Padang yang merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan ikut serta dalam memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) yang jatuh pada 26 April 2017.

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) PT Semen Padang, Kiki Warlansyah, di Indarung, Rabu (19/4), perusahaan telah menetapkan untuk semua karyawan atau pekerja yang ada di semua unit perusahaan atau afiliasi untuk ikut serta dalam peringatan HKBN 2017.

"Pada Rabu 26 April 2017 mulai pukul 10.00 Wib, 15.000 karyawan di PT Semen Padang, mulai dari anak perusahaan dan afiliasi secara serentak akan melakukan simulasi tangga darurat gempa bumi," Kata Kiki.

Ia menambahkan, kegiatan ini dilakasanakan sebagai bentuk partisipasi perusahaan dalam memperingati HKBN dan sebagai wujud implementasi program manajemen untuk menjadikan semua pemangku kepentingan di PT Semen Padang cerdas bencana.

Target dari kegiatan simulasi kebencanaan tersebut adalah Evakuasi Mandiri (individu) yang akan menjadi budaya, yaitu respon individu pada saat terjadi gempa bumi.

Dari hasil kegiatan tersebut perusahaan berharap semua karyawan dapat memahami apa yang harus dilakukan disaat terjadi gempa apabila berada di rungan, berada di kendaraan, berada di ruang terbuka.

"Kita juga akan melakukan uji coba prosedur tanggap darurat Oleh tim atau personil PKTD Unit Kerja sebagai Petugas Kesiapan Tanggap Darurat," jelasnya.

Simulasi serentak yang akan dilakukan PT Semen Padang, juga dilaksanakan berdasarkan hasil survey di Jepang, Great Hansin Earthquake 1995, untuk meminimalisir jatuhnya korban saat terjadi bencana alam gempa bumi. (*)