UPZ Baznas Semen Padang Salurkan Bantuan Mustahiq

"Selain beasiswa, kami juga memberikan pembekalan berupa pendidikan karakter, motivasi dan ilmu agama"
Kesekretariatan dan Umum UPZ Baznas Semen Padang, M. Ihsan (kiri), menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Manula (istimewa)

PADANG,KLIKPOSITIF -- Setelah terbentuk sejak Desember 2016, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Semen Padang telah mulai menyalurkan zakat kepada para mustahiq di Kota Padang sejak April 2017.

“UPZ Baznas Semen Padang yang menghimpun dana dari zakat karyawan Semen Padang resmi beroperasi sejak 13 April 2017, dan menggantikan fungsi Lembaga Amil Zakat Semen Padang sebelumnya,” kata Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang, Muhammad Arif, di Padang, Senin, (15/5).

Sebelumnya, operasional LAZ Semen Padang dihentikan seiring regulasi berupa UU No 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan zakat. Dalam regulasi itu, dijelaskan bahwa yang dibolehkan mengelola zakat adalah Baznas dan LAZ yang diberikan izin oleh Kemenag RI.

“LAZ Semen Padang sudah mengurus izin ke Kemenag sebanyak dua kali, namun saat itu belum dipenuhi karena Inpres No 3 tahun 2014. Dalam inpres itu dijelaskan bahwa zakat dari karyawan BUMN harus dikelola Baznas,”ujarnya.

Arif melanjutkan, agar zakat karyawan Semen Padang Grup bisa dikelola, pihaknya kemudian meminta arahan dari Baznas, dan pihak Baznas meminta pihaknya untuk membentuk UPZ yang fungsinya berada di bawah Baznas.

“Proses pembentukan UPZ ini cukup memakan waktu. Awalnya, kami mengirim permohonan ke Baznas. Kemudian permohonan diterima dan pada 21 Desember 2016, SK pendirian UPZ Baznas Semen Padang disahkan oleh Ketua Komisioner Baznas, Bambang Sudibyo. Pada 13 April 2017, UPZ Baznas Semen Padang resmi beroperasi," beber Arif.

Setelah terbentuk, UPZ Baznas Semen Padang menyusun rencana kerja tahunan anggaran tahun 2017. Rencana kerja anggaran tersebut disetujui sepenuhnya oleh Baznas Pusat.

Arif menyebut ada sejumlah manfaat UPZ Baznas Semen Padang dalam mengelola zakat karyawan, yaitu setiap karyawan Semen Padang Grup yang berzakat, mendapat Nomor Pokok Wajib Pajak Zakat (NPWZ).

Saat ini UPZ Semen Padang mengelola Rp9,8 miliar pertahun, ... Baca halaman selanjutnya