Peringati Hari Pancasila, Semen Padang Gelar Pekan Pancasila

"Alhamdulillah kegiatan ini diikuti antusias oleh karyawan Semen Padang Group"
Dirut PT Semen Padang saat jadi inapektur upacara Hari Pancasila (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Memperingati Hari Lahir Pancasila, PT Semen Padang sebagai perusahaan BUMN semen pertama di Asia Tenggara, menggelar Pekan Pancasila yang dimulai sejak 29 Mei hingga 4 Juni 2017.

Pekan Pancasila itu, digelar dengan kegiatan berupa lomba artikel internal dan quote di tingkat internal dengan total hadiah Rp 5.000.000. Lomba tersebut, diikuti antusias oleh karyawan Semen Padang group.

"Alhamdulillah kegiatan ini diikuti antusias oleh karyawan Semen Padang Group," kata panitia lomba, Mikel Muhammad usai Upacara Pancasila di Kantor Pusat PT Semen Padang, di Indarung, Kota Padang, Kamis, 1 Juni 2017.

Seperti diketahui, peringatan Hari Lahir Pancasila ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016.

Berdasarkan Surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor B-437/M.Sesneg/Set/TU.00.04/05/2017 untuk tahun ini, Peringatan Hari Lahir Pancasila selain dilakukan dengan Upacara Bendera, juga dengan pelaksanaan Pekan Pancasila.

Tepat 72 tahun lalu, The Founding Father, Ir.Soekarno, untuk pertama kali dalam pidatonya di depan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, memperkenalkan rumusan Pancasila.

Selanjutnya, rumusan ini mengalami perkembangan hingga menghasilkan naskah Piagam Jakarta pada 22 Juni 1945 dan menjadi rumusan final pada 18 Agustus 1945.

Inilah proses lahirnya Pancasila sebagai Dasar Negara yang wajib diketahui dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Republik Indonesia harus diketahui asal usulnya oleh bangsa Indonesia sehingga kelestarian dan kelanggengannya senantiasa diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (*)