Dirjen: Semen Padang Paling Taat Rehab DAS

"Semen Padang merupakan salah satu perusahaan besar yang sangat taat dengan kewajibannya"
Dirjen Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Hilman Nugroho (Humas SP)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dirjen Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Hilman Nugroho mengapresiasi PT Semen Padang yang menjadi perusahaan pertama di Sumbar memperpanjang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH), paling serius dan taat dalam rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS).

"Semen Padang merupakan salah satu perusahaan besar yang sangat taat dengan kewajibannya. Hal itu terbukti sebagai perusahaan pertama di Sumbar yang menyelesaikan kewajiban terhadap DAS IPPKH. Dan saat ini banyak perusahaan di Indonesia yang belum menyelesaikan kewajibannya dalam hal penanaman kembali terhadap lahan yang dipakai. Terutama untuk daerah timur Indonesia sehingga menyebabkan kekeringan di daerah itu," kata Dirjen Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Hilman Nugroho di Wisma Indarung, Kamis (27/7/2017).

Hilman berada di Wisma Indarung untuk menghadiri serah terima hasil rehabilitasi DAS PT Semen Padang dan pembinaan pemegang IPPKH.

Hadir pada acara itu Direktur Utama PT Semen Padang Benny Wendry, Kepala Dinas Kehutanan Hendri Oktavia, jajaran Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bukit Barisan dan DAS Balai Batang Kuantan, jajaran Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, dan staf pimpinan PT Semen Padang.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Hendri Oktavia mengakui, dari 19 perusahaan yang mengantongi IPPKH di Sumbar, PT Semen Padang merupakan perusahaan pertama di Sumbar yang melakukan rehabilitasi sejak dikeluarkan kebijakan. Dan Semen Padang juga satu-satunya perusahaan yang serius dan paling tertib dalam melakukan rehab DAS.

Semen Padang berhasil melakukan rehabilitasi DAS seluas 251,51 Ha dengan jumlah tegakan rata-rata 806 batang/ha (>700 batang/ha). Hal itu berdasarkan pada ketentuan Pasal 9 ayat 4 Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P.9/Menhut-II /2013 dan Pasal 28 ayat 3 huruf a Permenhut P.87/Menhut-II/2014. Hasil tanaman tersebut merupakan pemenuhan ... Baca halaman selanjutnya