TRC Semen Padang Bagikan 14.000 Liter Air Bersih Bagi Warga di Halaban

"personel yang diturunkan PT Semen Padang berinisiatif selain menyalurkan air bersih juga mengantarnya lansung ke depan rumah warga"
Personel TRC Semen Padang Salurkan air Bersih bagi warga di Halaban (KLIKPOSITIF/Eko Fajri)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Tim Reaksi Cepat (TRC) PT Semen Padang, yang sejak Kamis malam (24/8) berada di lokasi bencana alam banjir bandang dan tanah longsor di Jorong Lurah Bukik, Jorong Tampuang Kodok, dan Jorong Tareh  Nagari Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (25/8) mulai menyalurkan air bersih kepada masyarakat terdampak bencana yang mencapai ratusan Kepala Keluarga (KK).

14.000 liter air bersih mulai dibagikan pada masyarakat sekitar yang terdampak bencana mulai pukul 07.30 Wib dimulai dari jorong Lurah Bukik, dimana diderah tersebut terdapat 70 Kepala Keluarga (KK) termasuk 15 kk yang aksennya terputus akibat ambruknya jembatan penghubung didaerah itu.

Jembatan yang putus dialiran sungai Batang Mangkiti itu menyebabkan 15 KK untuk mendapatkan bantuan air bersih harus menyeberang sungai selebar lebih kurang 30 meter.

Melihat kondisi warga dilokasi tersebut sejak Jumat (25/8) dan hasil assesmen TRC, para personel yang diturunkan PT Semen Padang berinisiatif selain menyalurkan air bersih juga mengantarnya lansung ke depan rumah warga dengan bahu membahu mengangkat air bersih melalui aliran sungai tersebut.

Delta 21 TRC Semen Padang yang memimpin 11 orang personel di lapangan, Erik Yuliandra, di Halaban (26/8) mengatakan, setelah mobil water tank dari Padang sampai malam tadi, kami memutuskan untuk menyalurkan air bersih sepagi mungkin karena memperkirakan air bersih dibutuhkan warga untuk memasak dan juga minum, serta kebutuhan lainnya.

"Tidak hanya menyalurkan air bersih, bagi warga yang aksesnya terganggu kami usahakan juga mereka dapat air bersih lebih mudah. Sebab disini banyak ibu-ibu yang harus menyeberang sungai akibat jembatan putus," kata Erik.

Tidak hanya terfokus pada jorong tersebut, dua jorong lainnya yang juga butuh air bersih disalurkan bantuan, sebab saat ini pasca bencana alam intek air bersih milik warga masih dalam keadaan ... Baca halaman selanjutnya