Semen Padang-AIRIN Teken Kerjasama Pelayanan Jasa Kepelabuhan

"Kita di Semen Padang punya pelabuhan khusus di Lampung. Untuk menekan biaya pengelolaan, makanya kita lakukan kerjasama dengan PT AIRIN, karena kalau kita yang mengelola, tentu biayanya besar. Harus melakukan pengurusan izin dan merekrut orang untuk mengelolanya"
Dirut PT Semen Padang Benny Wendry (kanan) dan Dirut PT AIRIN M Rudolf Valintino menandatangani naskah kerjasama dengan PT Semen Padang disaksikan Direktur Enjinering dan Proyek PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Aunur Rosyidi, di Wisma Indarung Semen Padang, Rabu (30/8/2017). (klikpositif)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Guna meningkatkan sinergi antar perusahaan yang ada di bawah BUMN, PT Semen Padang bersama PT AIRIN melakukan kerja sama Pelayanan Jasa Kepelabuhan di Terminal Khusus Milik PT Semen Padang di Lampung Selatan, Rabu (30/8).

Penantanganan kerjasama dilakukan Dirut PT Semen Padang Benny Wendry, dan Dirut PT AIRIN M.Rudolf Valintino yang dihadiri Direktur Enjiniring dan Proyek PT Semen Indonesia (Persero), Tbk, Aunur Rosyidi, dan Direktur Keuangan PT Semen Padang Tri Hartono Rianto.

Dirut PT Semen Padang Benny Wendry mengatakan, kerjasama dengan PT AIRIN ini dilakukan, karena PT AIRIN sebagai anak perusahaan PT Dok dan Perkapalan Koja Bahari, berkompeten dalam mengelola pelabuhan-pelabuhan khusus di Indonesia.

"Kita di Semen Padang punya pelabuhan khusus di Lampung. Untuk menekan biaya pengelolaan, makanya kita lakukan kerjasama dengan PT AIRIN, karena kalau kita yang mengelola, tentu biayanya besar. Harus melakukan pengurusan izin dan merekrut orang untuk mengelolanya," kata Benny Wendry usai penandatangan kerjasama.

Menurut Benny, jika kerjasama dengan PT AIRIN berjalan sukses dan lancar, maka untuk ke depan akan dilakukan kerjasama di Pelabuhan Semen Padang di Dumai. "Kalau ini bagus, saya kira PT AIRIN juga bisa melakukan kerjasama untuk mengelola pelabuhan khusus milik Semen Indonesia Group, seperti Tonasa," ujarnya.

Dirut PT AIRIN Rudolf Valintino menyebut bahwa selain mengelola pelabuhan, pihaknya juga akan memenuhi kebutuhan PT Semen Padang dalam hal mengefisiensikan biaya logistik PT Semen Padang.

"Efisiensi biaya logistik ini juga didorong oleh Presiden Joko Widodo. Dan ini merupakan bagian dari sinergi antar BUMN," kata Rudolf. Dalam hal pelayanan di Pelabuhan Lampung, kata Rudolf, pihaknya juga menyediakan satu unit kapal Tugboat yang digunakan untuk mendorong dan menderek kapal-kapal besar yang mengangkut semen dari PT Semen Padang masuk ke pelabuhan. ... Baca halaman selanjutnya