Pesilat Binaan Semen Padang Raih Emas di O2SN Medan

Melsan Cahyani (dua dari kiri) foto bersama dengan pesilat lainnya usai menerima penghargaan medali pada O2SN Medan
Melsan Cahyani (dua dari kiri) foto bersama dengan pesilat lainnya usai menerima penghargaan medali pada O2SN Medan (Ist)

MEDAN, KLIKPOSITIF -- Atlet binaan Forum Komunikasi Karyawan Semen Padang (FKKSP) kembali meraih medali emas pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang digelar di Kota Medan. Kali ini, perolehan medali emas untuk Sumbar itu diraih Melsan Cahyani yang turun di cabang olahraga Pencak Silat.

Baca juga: Pesenam Binaan FKKSP Sumbangkan Medali Emas dan Perak untuk Sumbar

Pesilat binaan FKKSP yang berasal dari Kelatnas Perisai Diri itu, menang tipis atas pelajar dari Sulawesi Selatan. Namun di awal babak penyisihan hingga semi final, pelajar kelas II SMA Negeri 4 Padang itu tampil gemilang dengan skor 5-0 dari setiap lawan-lawannya.

Baca Juga

Melsan Cahyani yang dihubungi dari Padang mengatakan bahwa raihan medali emas ini, tidak terlepas dari arahan pelatih dan dorongan dari kedua orangtua, termasuk FKKSP yang telah mensuport dirinya hingga menjadi seorang atlet.

Oleh sebab itu, pelajar berusia 16 tahun yang turun di kelas C Putri pada kategori tanding tersebut, mengaku berterimakasih kepada semua pihak, termasuk kepala sekolah dan semua majelis guru, serta dukungan dari semua teman-teman di SMA 4 Padang.

"Kalau tanpa ada arahan dari pelatih, dukungan orangtua dan suport dari FKKSP, belum tentu saya bisa meraih medali emas. Untuk itu, saya sangat berterimakasih kepada semua pihak. Jujur, saya bangga dan terharu dengan raihan ini. Setiap mulai bertanding, saya selalu hubungi pelatih agar mendoakan saya biar bisa menang," ujar Melsan, Kamis.

Hal yang sama juga diungkapkan pelatih Kelatnas Perisai Diri FKKSP, Mardas. Dikatakannya, tanpa suport dari FKKSP, belum tentu pesilat Kelatnas Perisai Diri binaan FKKSP bisa bersaing hingga ketingkat nasional. Sebab, sudah banyak pesilat Perisai Diri FKKSP yang berhasil menorehkan medali untuk Sumbar.

Salah satu contohnya, yaitu Yuli Hendra yang pernah menyumbangkan medali perak untuk Sumbar pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON). Ke depan, sebut Mardas, prestasi ini akan terus di tingkatkan. Namun di samping itu, ia berharap agar FKKSP terus memberikan suport kepada Perisai Diri.

"Baik suport berupa moril maupun materil, serta memberikan ide-ide dalam hal pengembangan Kelatnas Perisai Diri, karena Perisai Diri merupakan salah satu perguruan silat historis di Indonesia," pungkas Mardas.

Sebelumya, atlet binaan FKKSP yang turun di cabang olahraga senam pada ajang O2SN Medan bernama Rehan Abdul Ghani, juga berhasil meyumbangkan satu medali emas dan satu perak di kategori berbeda. Untuk medali emas, diraih melalui kategori alat Senam Lantai, sedangkan perak diraih melalui kategori alat All Round. (*)

Penulis: Riki S