TRC Semen Padang Bersama Relawan Bersihkan Material Banjir di Solsel

"Banjir bandang tersebut tidak hanya menghantam Jorong Batu Kulambai, beberapa jorong lainnya di Pakan Raba'a Tengah ini juga terdampak banjir."
Relawan TRC Semen Padang bersama TNI dan relawan membersihkan material lumpur di lokasi bencana banjir bandang Solsel (Ist)

SOLSEL, KLIKPOSITIF - Relawan TRC Semen Padang bersama TNI, taruna IPDN Sumbar, BPBD Solsel, Tagana, Dompet Dhuafa, serta ACT, membersihkan genangan lumpur yang memenuhui badan jalan dan rumah warga terdampak banjir di Jorong Batu Kulambai, Nagari Pakan Raba'a Tengah, Kecamatan KPGD, Solsel, Minggu (17/9).

Dibantu warga setempat, para relawan dari berbagai instansi dan organisasi yang berjumlah sekitar 150 orang itu, juga mengeluarkan genangan air yang masuk ke dalam rumah warga menggunakan mesin pompa air.

"Selain pompa air, kami juga menggunakan gerobak dan cangkul untuk membersihkan dan mengeluarkan tumpukan material lumpur," kata Koordinator Satgas I TRC Semen Padang, Almahdi di lokasi bencana.

BPBD Solsel: Banjir Bandang di Kecamatan KPGD Diduga Akibat Illegal Logging

Pembersihan lumpur dan genangan air ini, kata Almahdi, dimulai sejak pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Hingga pukul 11.00 WIB, kondisi genangan sudah jauh berkurang, begitu juga dengan tumpukan lumpur di badan jalan dan tumah-rumah warga.

Mudah-mudahan, sebut Almahdi, pembersihan lumpur dan genagan air di Jorong Batu Kulambai ini selesai hari ini, sehingga pihaknya bisa membersihkan material banjir bandang yang ada di tempat lain.

Semen Padang Salurkan Bantuan Air Bersih di Solsel

"Banjir bandang tersebut tidak hanya menghantam Jorong Batu Kulambai, beberapa jorong lainnya di Pakan Raba'a Tengah ini juga terdampak banjir," ujarnya. 

"Namun untuk membersihkan jorong lainnya itu, kami tentu berkoordinasi dulu dengan BPBD Solsel, apakah kami dibutuhkan di sana atau tidak, karena dalam ... Baca halaman selanjutnya