SMK Semen Padang Terpilih Sebagai Calon Penerima Adiwiyata Mandiri 2016

"Ini baru calon. Mudah-mudahan sekolah kami masuk sebagai penerima Adiwiyata Mandiri dari Kementerian Lingkungan Hidup"
SMK Semen Padang (Riki Wijaya / KLIKPOSITIF )

KLIKPOSITIF -- Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Semen Padang terpilih sebagai wakil Sumbar untuk calon sekolah Adiwiyata Mandiri 2016.

"Ini baru calon. Mudah-mudahan sekolah kami masuk sebagai penerima Adiwiyata Mandiri dari Kementerian Lingkungan Hidup," kata Kepala SMK Semen Padang, Gusriadi Spd M.M kepada KLIKPOSITIF, Kamis, 12 Mai 2016.

Dikatakannya, pengumuman penerima Adiwiya Mandiri dilakukan pada 3 Juni mendatang dan penyerahannya pada 5 Juli. Rabu, 11 mai 2016 kemarin, tim verivikasi dari Kementerian Lingkungan Hidup sudah datang ke sekolah untuk melakukan verikasi.

"Tim tersebut sudah melakukan verikasi lapangan dan administrasi. Bahkan, tim tersebut juga mengunjungi sekolah Adiwiyata Kota yang menadi binaan sekolah kami sebagai Adiwiyata Nasional," ujarnya.

Gusriadi juga menuturkan indikator SMK Semen Padang masuk sebagai calon Adiwiyata Mandiri, yaitu selain sebagai sekolah Adiwiyata Nasional, SMK Semen Padang selama ini juga intens melestarikan lingkungan dan 9ikut berpartisipasi membuat mesin pencacah sampah yang bekerjasama dengan CSR PT Semen Padang.

"Mesin pencacah sampah itu kemudian diserahkan ke sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang," bebernya. Kemudian indikator lainnya, sambung Gusriadi, yaitu intens memanfaatkan sarana yang ramah lingkungan seperti pembuatan kompos dan mendaur ulang sampah.

"Bahkan beberapa sampah seperti bekas minuman mineral dan koran bekas, didaur ulang oleh siswa menjadi pot bunga. Di samping itu, siswa juga aktif membuat pembibitan tanaman di kawasan greend house yang disediakan sekolah," tutur Gusradi.

Selain SMK Semen Padang, kata Gusriadi menambahkan, juga ada delapan sekolah lainnya yang masuk sebagai calon penerima Adiwiyata mandiri. "Enam sekolah berada di Kota Padang sedangkan tiga sekolah lainnya, berada di luar Kota Padang," pungkasnya.