Jalan Padang-Solok Tertimbun Longsor, Semen Padang Kirim Relawan TRC dan Loader

"Ya, tadi sempat putus total selama 5 jam. Mulai pukul 12.00 WIB siang tadi, Jalan Padang-Solok sudah bisa dilalui, namun dengan cara buka tutup"
Relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang turun ke lokasi longsor yang terjadi di kawasan Lubuk Peraku (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Hujan lebat yang terjadi di Kota Padang sejak Selasa (3/10) sore hingga malam sekitar pukul 20.00 WIB, menyebabkan Jalan raya Padang-Solok KM 17 tertimbun longsor sepanjang 20 meter.

Beruntung tidak ada korban jiwa, namun longsor setinggi 6 meter tersebut menyebabkan Jalan Raya Padang-Solok maupun sebaliknya, putus total selama 5 jam.

"Ya, tadi sempat putus total selama 5 jam. Mulai pukul 12.00 WIB siang tadi, Jalan Padang-Solok sudah bisa dilalui, namun dengan cara buka tutup," kata relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang, Indra YB yang turut serta membersihkan material longsor di lokasi bencana, Rabu (4/10).

Indra menjelaskan, longsor yang terjadi di kawasan Lubuk Peraku itu terjadi Rabu pagi sekitar pukul 07.15 WIB. Sekitar 10 menit kemudian, TRC Semen Padang mendapat informasi dari BPBD Padang bahwa Jalan Padang-Solok Km 17 mengalami longsor.

Mendapat informasi itu, sekitar delapan relawan TRC langsung turun ke lokasi dengan membawa mesin sinsau. Setiba di lokasi, ternyata ada sekitar 20 meter badan jalan tertimbun longsor.

"Melihat kondisi longsor cukup parah, kami pun langsung berkoordinasi dengan PT Semen Padang untuk menurunkan satu unit Loader ke lokasi bencana," kata Indra.

Saat ini, kata Indra melanjutkan, Loader yang diturunkan masih melakukan pembersihan material longsor di lokasi bencana. TRC bersama beberapa relawan, termasuk BPBD dan Polresta Padang, menargetkan pembersihan badan jalan yang ditimbun material longsor harus selesai dilakukan hari ini juga.

"Target kami hari ini selesai, sehingga arus lalu lintas Jalan Padang-Solok kembali normal," pungkas Indra.(*)