Tingkatkan Manajerial Kepemimpinan, Forum Nagari dan CSR Semen Padang Gelar Latihan LKD

kadep KSU Semen Padang memaparkan materi Latihan dasar Kepemimpinan di GSG Semen Padang
kadep KSU Semen Padang memaparkan materi Latihan dasar Kepemimpinan di GSG Semen Padang (Riki Suardi/KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKLPOSITIF -- Guna meningkatkan manajerial kepemimpinan, Forum Nagari Kecamatan Lubuk Kilangan bersama Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang, menggelar Latihan Kepemimpinan Dasar (LKD), Kamis, 19 Oktober 2017.

Latihan kepemimpinan yang diikuti seluruh organisasi dan Forum Nagari Kelurahan yang ada di Lubuk Kilangan, Kota Padang, itu digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Semen Padang dengan menghadirkan Kadep Komunikasi & Sarana Umum, Iskandar Z Lubis sebagai pemateri utama.

Dalam materi berjudul "Manajemen Konflik dalam Organisasi", Iskandar menyampaikan bahwa dalam berorganisasi, memang banyak terjadi perselisihan yang disebabkan oleh berbagai hal. Namun untuk menghindari permasalahan tersebut, pengurus organisasi harus menyamakan persepsi.

Baca Juga

"Di samping itu, pengurus organisasi juga harus bisa memahami konflik dan bagaimana cara penyampaikan konflik tersebut, supaya konflik bisa diselesaikan. Di samping itu, pihak yang terlibat konflik harus legowo dengan setiap keputusan," kata Iskandar di hadapan peserta latihan.

Untuk menghindari konflik, CEO PT Kabau Sirah itu menyebut bahwa dalam berorganisasi, Pengurus organisasi harus paham apa tujuan organisasi itu didirikan. Jika tidak paham, maka konflik akan terus bermunculan. Penyebabnya banyak, bisa dari dalam dan bisa juga dari luar organisasi.

"Jadi, selain harus menyamakan persepsi dan apa tujuan organisasi didirikan, pengurus juga harus punya visi yang jelas dan terukur dari sebuah organisasi tersebut. Oleh sebab itu, untuk sebuah organisasi harus dibutuhkan sosok leadershep dan itulah disebut sebagai ketua sebuah organisasi," ujarnya.

Peran ketua atau pengurus organisasi, tidak hanya bisa mewujudkan visi dari sebuah organisasi, tapi juga bisa merencanakan, melaksanakan, mengontrol dan bisa mengambil keputusan. "Jika ketua organisasinya bisa melakukan hal tersebut, maka visi dari sebuah organisasi itu akan terwujud dan terukur," ungkapnya.

Peserta Latihan Kepemimpinan Dasar bernama Darulsyah menuturkan latihan ini sangat bermanfaat bagi sebuah organisasi, karena melalui kegiatan latahian ini, peserta tahu bagaimana menjadi pemimpin yang baik.

Oleh sebab itu, Ketua Forum Nagari Kelurahan Bandar Buat itu menyebut bahwa latihan ini akan jadi bahan evaluasi bagi organisasinya. "Ini akan jadi bahan evaluasi kami di organisasi. Kami berharap, latihan ini bisa diadakan secara berkesinambungan, sehingga di Lubuk Kilangan banyak lahir pemimpin yang punya leadershep yang baik," ujarnya.

Panitia latihan Dasar Kepemimpinan, Yaldi mengatakan, latihan ini diadakan, karena di Lubuk Kilangan banyak terdapat organisasi. Baik organisasi kepemudaan, kemasyarakatan maupun organisasi yang bergerak di bidang kebudayaan dan sosial.

"Jadi melalui pelatihan ini, maka diharapkan para peserta yang utamanya berasal dari organisasi, bisa mengoptimalkan peran organisasinya ke depan agar organisasi tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat Lubuk Kilangan," tuturnya.(*)

Penulis: Riki S | Editor: Eko Fajri