125 Guru Masjid/Mushalla Binaan UPZ Semen Padang Ikuti Pelatihan Manajemen

"aurah atau pelatihan tersebut, diharapkan mampu menunjang pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar pendidikan Agama Islam di TPQ/TQA/MDT/MDTA,"
Ketua Pengurus UPZ Baznas Semen Padang Oktoweri (tiga dari kiri) menyerahkan sertifikat pelatihan manajemen guru TPQ/TQA/MDT/MDTA secara simbolis kepada salah seorang peserta. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sebagai lembaga pengelola dana umat, Unit Pengumpul Zakat Badan Amil Zakat Nasional (UPZ-Baznas) Semen Padang ikut bertanggung jawab akan keberlangsungan dakwah dan pewarisan ilmu ke Islam-an kepada generasi muda.

Salah satu bentuk tanggung jawab tersebut, ditunjukkan melalui Pelatihan Manajemen Guru TPQ/TQA/MDT/MDTA yang ada di Kecamatan Lubuk Kilangan, Pauh, Lubeg dan Kuranji. Pelatihan yang diikuti 125 guru TPQ/TQA/MDT/MDTA itu, berlangsung di Gedung Serba Guna Semen Padang, Indarung, Selasa (14/11).

Pada pelatihan yang dibuka oleh Ketua Pengurus UPZ Baznas Semen Padang, Oktoweri tersebut, turut hadir perwakilan dari MUI Kota Padang, Kementerian Agama Kota Padang, DMI Kota Padang, Camat Lubuk Kilangan dan sejumlah Lurah yang ada di Lubuk Kilangan.

Oktoweri dalam sambutannya mengatakan, pelatihan atau daurah manajemen ini merupakan bagian dari program dakwah dan advokasi UPZ Baznas Semen Padang. Pelatihan yang diikuti oleh seratusan guru TPQ/TQA/MDT/MDTA di kawasan ring satu Semen Padang itu, merupakan kali pertama diadakan.

"Rencananya, pelatihan ini akan menjadi agenda rutin UPZ Baznas Semen Padang yang diadakan sekali setahun. Oleh sebab itu, daurah atau pelatihan tersebut, diharapkan mampu menunjang pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar pendidikan Agama Islam di TPQ/TQA/MDT/MDTA," kata Oktoweri.

Sementara itu, Ketua Harian UPZ Baznas Semen Padang, Muhammad Arif menyebut, selain menggadakan daurah manajemen untuk guru masjid/mushalla, UPZ Baznas Semen Padang juga rutin memberikan uang pembinaan setiap bulan kepada 172 orang guru masjid/mushalla yang ada di kawasan ring satu Semen Padang.

Bahkan, kata Arif, pemberian uang pembinaan itu sudah berlangsung sejak zakat karyawan Semen Padang Grup masih dikumpulkan oleh Korpri PT Semen Padang, yaitu sejak 1995. "Hingga sekarang program itu masih ada. Hanya lembaganya yang berbeda. Kalau dulu yang ... Baca halaman selanjutnya