Direktur Produksi Semen Padang Resmikan Kongres FKKSP Ke VII

Direktur Produksi Semen Padang Firdaus menyampaikan sambutan saat pembukaan Kongres FKKSP ke VII di Hotel Axana
Direktur Produksi Semen Padang Firdaus menyampaikan sambutan saat pembukaan Kongres FKKSP ke VII di Hotel Axana (Riki/klikpositif)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Direktur Produksi PT Semen Padang, Firdaus, meresmikan pembukaan Kongres Forum Komunikasi Karyawan Semen Padang (FKKSP) ke-VII di Axana Hotel, Senin (11/12/2017) siang.

Pada kongres pemilihan pengurus baru FKKSP tersebut, Firdaus berharap agar ke depan, FKKSP terus berkembang sesuai dengan Visi FKKSP, yaitu "membangun sumber daya manusia bermutu tinggi melalui olahraga, kesenian dan sosial".

"Visi ini juga sejalan degan butir ke tiga Misi PT Semen Padang, yaitu "mengembangkan sumber daya manusia yang kompeten dan profesional" dengan artian, membangun sumber daya manusia, baik internal maupun eksternal Semen Padang," kata Firdaus pada pembukaan Kongres FKKSP Senin, siang.

Baca Juga

Setidaknya, sebut Firdaus, terdapat dua aspek strategis keberadaan FKKSP yang harus selalu diingat. Pertama, sebagai media pembinaan kemampuan olahraga dan kesenian karyawan melalui penyediaan sarana dan prasarana yang memadai.

Kedua, sebagai perpanjangan perusahaan dalam mengimplementasikan program CSR perusahaanyang diwujudkan melalui partisipsi aktif dalam memajukan olahraga dan kesenian di Kota Padang, Sumbar maupun Indonesia.

"Untuk aspek pertama ini sangat penting, karena menjadi tugas dan tanggungjawab FKKSP dalam pembinaan olahraga dan kesenian untuk karyawan Semen Padang Grup sendiri," ujarnya

Meski pembinaan olahraga di internal menjadi tanggungjawab FKKSP, namun Firdaus berharap agar ke depan, pengurus yang nantinya terpilih pada Kongres FKKSP yang ke VII ini, bisa menekan biaya pembinaan untuk atlet.

Hal ini disampaikan, karena menurut Firdaus, saat ini perusahaan tengah menghadapi masa yang sangat menantang sering bertambah banyaknya pesaing semen di pasaran semen nasional, sehingga perusahaan harus mengurangi pengeluaran biaya-biaya yang tidak terkait langsung dengan core bisnis melalui FKKSP.

"Mudah-mudahan ini bisa dijadikan bahan pertimbangkan oleh pengurus FKKSP yang baru dalam menyusun program kerja, sehingga program-program FKKSP sejalan dengan tujuan dan misi perusahaan," ujarnya.

Ketua Panitia Kongres FKKSP ke VII, Fifit Abriyanto mengatakan, kongres ini diikuti oleh 116 karyawan Semen Padang Grup. Rinciannya, dari serikat Pekerja semen padang sebanyak 19 orang , dana pensiun dua orang dan SPH empat orang.

Kemudian dari PT Igasar sebanyak dua orang, Yasiga sarana Utama tujuh orang, PT Pasoka Sumber Karya sembilan orang, Yayasan Igasar empat orang, Koperasi Karyawan Semen Padang lima orang, dan dari Pengurus FKKSP 45 orang.

Untuk menekan pengeluaraan, kata Fifit, pada kongres ini panitia juga mencari sponsor di internal maupun eksternal. Untuk internal, ada PT Semen Padang, PT Semen Indonesia, PT Yasiga Sarana Utama, PT Igasar, Koperasi Karyawan Semen Padang (KKSP), PT Pasoka Sumber Karya, dan PT SISI.

Kemudian untuk eksternal, di antaranya Bank Mandiri, PT Andalas Terang Nusantara, PT Sawit Khatulistiwa Nusantara, PT Sucofindo, PT Fajar Ramayana Utama, PT United Tracktor, PT Stevedon Putra Mandiri, dan PT Scheider Electrics Indonesia.

"Kongres FKKSP ini diadakan sesuai dengan AD/ART FKKSP yang diadakan sekali tiga tahun. Untuk calon pengurus yang baru, belum terpilih, karena hingga sore ini, kongres masih berlangsung," ujar Fifit. (*)

Penulis: Riki S