Kelola Lingkungan, Semen Padang Pertahankan PROPER Hijau

"Keberhasilan PT Semen Padang meraih PROPER Hijau selain kerja keras semua jajarannya, namun tidak terlepas dari dukungan seluruh stakeholders, baik masyarakat lingkungan, tokoh masyarakat, jajaran Pemko, Pemprov, dan berbagai pihak lainnya"
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menyerahkan Pengharaag PROPER Hijau kepada Direktur Produksi PT Semen Padang Firdaus, di Istana Wakil Presiden, di Jakarta, Senin (18/12/2017). (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF  – PT Semen Padang kembali berhasil meraih PROPER Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan ini membuktikan bahwa PT Semen Padang memiliki ketaatan yang tinggi dalam pengelolaan lingkungan.

Penyerahan PROPER Hijau pada acara Anugerah PROPER 2017 dilakukan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar kepada Direktur Produksi PT Semen Padang Firdaus, di Istana Wakil Presiden, di Jakarta, Senin (18/12/2017). Hadir pada acara penyerahan itu Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Dengan mempertahankan PROPER Hijau, berarti PT Semen Padang telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan (beyond compliance) melalui pelaksanaan sistem pengelolaan lingkungan, pemanfaatan sumber daya secara efisien melalui upaya 4R (Reduce, Reuse, Recycle, dan Recovery), dan melakukan upaya tanggung jawab sosial (CSR/Comdev) yang baik," Kata Direktur Produksi PT Semen Padang Firdaus, usai menerima penghargaan.

Ia mengatakan, PT Semen Padang sesuai dengan visi dan misinya, selalu berkomitmen untuk memperhatikan lingkungan. Dan, penerapan Proper oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sangat sejalan dengan visi Semen Padang yaitu, “Menjadi Perusahaan Persemenan yang Andal, Unggul dan Berwawasan Lingkungan di Indonesia Bagian Barat dan Asia Tenggara” dan Meaning “ Giving The Best to Build a Better Life”.

Anugerah PROPER 2017 merupakan hasil seleksi periode tahun 2016-2017 diikuti oleh 1.819 perusahaan, yang telah melalui penilaian mandiri dan verifikasi lapangan. Sebanyak 571 perusahaan diawasi langsung oleh provinsi, dan 1.248 perusahaan diawasi oleh KLHK.

Berdasarkan evaluasi Tim Teknis dan pertimbangan Dewan Pertimbangan PROPER, ditetapkan peraih peringkat EMAS sebanyak 19 perusahaan, HIJAU 150 perusahaan, BIRU 1.486 perusahaan, MERAH 130 perusahaan, dan HITAM 1 perusahaan. Selain itu, terdapat 33 ... Baca halaman selanjutnya