Semen Padang Distribusikan Air Bersih, Masyarakat: Akhirnya Kami Bisa Mandi

()

PADANG, KLIKPOSITIF - "Alhamdulillah akhirnya kami bisa masak dan mandi. Terimakasih ya pak," kata warga Kelurahan Baringin, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang kepada relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang Peduli, Rabu (14/2/2018) siang.

Tidak hanya masyarakat Baringin, sejumlah masyarakat Tarantang dan Kampung Jua, Kecamatan Lubeg, Kota Padang , juga berterimakasih kepada PT Semen Padang . Sebab, sejak dua pekan ini daerah mereka kekeringan sejak Kota Padang mulai dilanda musim kemarau .

"Sejak kemarau , sumber mata air di daerah kami kekeringan. Ditambah lagi rusaknya bendungan di Kelurahan Tarantang akibat derasnya arus sungai Baringin yang meluap pada Maret 2017 lalu," ujar Peri, warga Tarantang.

Koordinator TRC Semen Padang , Kiki Warlansyah, mengatakan bahwa pihaknya tidak hanya kali ini saja mendistribusikan air bersih kepada maayarakat di tiga kelurahan yang ada di Ring 1 perusahaan.

Baca Juga

Pada Jumat (9/2/2018) lalu, kata Kiki, sebanyak 27 ribu liter air bersih juga didistribusikan ke Baringin, Tarantang dan Kampung Jua. Dan itu dilakukan, karena ketiga daerah tersebut merupakan kawasan lingkungan PT Semen Padang

"Ketiga daerah itu bagian dari PT Semen Padang , makanya kami merasa terpanggil untuk membantu meringankan beban saudara kami yang daerahnya mengalami kekeringan," kata Kiki Warlansyah, Rabu sore.

Untuk hari ini, lanjutnya, total air bersih yang didistribusikan juga berjumlah sebanyak 27 ribu liter yang diangkut oleh dua armada, yaitu Fire Truck sebanyak 15.000 liter dan Water Truck 12.000 liter.

"Pendistribusian air bersih ini akan terus kami lakukan. Namun, kami berharap agar hujan segera mengguyur Kota Padang , sehingga daerah terdampak kemarau itu bisa dialiri air," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Forum Nagari Kelurahan Baringin, Riki Gusmaidi, berterimakasih atas bantuan distribusi air bersih dari TRC Semen Padang , karena pendistribusian air tersebut meringankan beban masyarakat Baringin, termasuk Tarantang dan Kampung Jua.

Namun, ia berharap agar Pemko Padang melek terhadap persoalan kekeringan ini dengan memperbaiki saluran irigasi ke Baringin, dan Tarantang yang jebol akibat meluapnya Sungai Baringin pada Maret 2017 lalu.

"Kondisi ini diperparah dengan musim kemarau yang mulai melanda Kota Padang . Untuk itu, kami berharap agar Pemko Padang segera memperbaiki saluran irigasi yang rusak. Jika tidak, maka akan seterusnya masyarakat mengalami kekeringin," harap Riki.(*)

Baca Juga

Penulis: Riki S