Tim Semen Padang Juara Pertama Lomba SHE Challenge Semen Indonesia Group

"tim Semen Padang berhasil mengumpulkan poin tertinggi, sebanyak 6710 poin"
Tim Safety Health anda Environment (SHE) PT Semen Padang berhasil meraih juara pertama dalam lomba SHE Challenge Semen Indonesia Group (doc)

GRESIK, KLIKPOSITIF - Tim Safety Health anda Environment (SHE) PT Semen Padang berhasil meraih juara pertama dalam lomba SHE Challenge Semen Indonesia Group di PT Semen Gresik pabrik Tuban, Kamis, 1 Maret 2018. Pada lomba itu, tim Semen Padang berhasil mengumpulkan poin tertinggi, sebanyak 6710 poin. Juara kedua dan ketiga diraih PT Semen Gresik pabrik Gresik, dan PT Semen Gresik Pabrik Tuban.

Lomba ini dalam Rangka Kegiatan Bulan K3 PT Semen Gresik tahun 2018. Peserta yang ikut berasal dari holding di PT Semen Indonesia Grup, yakni tim SHE PT Semen Padang, tim SHE PT Semen Tonasa, tim SHE PT Semen Gresik pabrik Rembang, tim SHE PT Semen Gresik pabrik Tuban, dan tim SHE PT Semen Gresik.

 Anggota tim SHE PT Semen Padang, Indra Mardeni Putra saat dihubungi via telepon seluler mengaku bangga timnya bisa memenangkan lomba. Dalam lomba itu, ada empat stage yang diperlombakan yakni Fall Protection, Small Fire, Smoke Chamber, dan Big Fire.

Pada stage pertama, hal yang diperlombakan yakni Fall Protection. Pada tahap ini, tim naik menaiki scafolding dengan menggunakan Alat Pengaman Diri (APD) yang benar, kemudian cara memakai Full Body Harness yang benar untuk mengurangi risiko cedera fatal akibat terjatuh dari ketinggian, melakukan pemasangan panel, dan bekerja di ketinggian.

Stage kedua yakni Small Fire, memadamkan api pada lima unit drum rendah, lima unit drum tinggi dan dua unit drum memanjang dengan menggunakan karung goni basah. Hal yang dinilai dari stage ini yakni ketepatan dan kecepatan memadamakan api.

Stage ketiga yang diperlombakan yakni Smoke Chamber, mengevakuasi korban di ruangan penuh asap. Membawa keluar, memberikan pertolongan pertama berupa Resusitasi Jantung Paru (RJP) dan dievakuasi ke ambulance.

Hal yang dinilai dari stage ini yakni ketepatan, kecepatan, koordinasi dengan anggota tim, dan efektivitas dalam evakuasi. Stage keempat yang diperlombakan yakni Big Fire; ... Baca halaman selanjutnya