Yuk Kenali Split dari Tambang PT Semen Padang

"Split sejenis material basa dengan proses melalui pengeboran, blasting dan loading."
Split yang diproduksi oleh Tambang PT Semen Padang merupakan split terkuat dan terbaik karena material yang dimiliki adalah material terbaik (doc)

KLIKPOSITIF - Sebagai perusahaan semen pertama dan tertua di Asia Tenggara, PT Semen Padang terus berinovasi dengan menghasilkan berbagai produk yang tidak hanya semen, namun juga produk non semen.

Kepala urusan penambang soil dan pengolahan agregat, Novrizal mengatakan produk non semen yang diproduksi PT Semen Padang saat ini salah satunya adalah Split. Split sejenis material basa dengan proses melalui pengeboran, blasting dan loading.

"Raw material di proses di Jaw Crawsher sebagai pemecah awal material dengan ukuran 19 cm atau 190 mm. Setelah itu, batu dibawa dengan belt conveyor ke screen, dimana disana ada empat saringan atau ukuran," katanya.

Empat tipe itu yakni; tipe 0-50 cm (abu batu), tipe 1-2 cm, tipe 2-3 cm (20 mm-30 mm), dan tipe 3-5 cm. Didalam screen, secara otomatis ada material yang tidak sesuai dengan ukuran akan masuk materi reject sehingga masuk ke cons cracker dengan membentuk empat ukuran. "Dari cons cracker, material akan kembali screen. Setelah itu baru dibagi menjadi empat tipe yang ada dalam split," tuturnya.

Split yang diproduksi oleh Tambang PT Semen Padang merupakan split terkuat dan terbaik karena material yang dimiliki adalah material terbaik. "Karena material kita bagus dan keras. Bahan dasar terbaik dari split itu adalah yang keras, dan Semen Padang memiliki itu sebagai material yang sangat bagus untuk memproduksinya," jelasnya.

Dikatakannya, material basal yang dimiliki PT Semen Padang merupakan sisipan dari limestone yang juga telah mendapatkan Izin Usaha pertambangan (IUP) dari Kementerian ESDM. "Selain itu, selama ini material yang ada hanya kita manfaatkan untuk internal perusahaan, misalnya pemanfaatan untuk pembangunan akses jalan ke Tambang. Namun saat ini kita telah melayani kebutuhan di luar PT Semen Padang," tuturnya.

Untuk distirbusi split ini dilakukan oleh PT Igasar dan PT Yasiga dalam pembuatan jalan, campuran beton, aspal, dan bantaran rel kereta ... Baca halaman selanjutnya