Hari Ini Semen Padang Genap Berusia 108 Tahun, Ini Kata Dewan Komisaris

"Tantangan yang dihadapi BoC dan BoD di zaman now, dan generasi mellinial serta generasi Alpha jauh berbeda dibandingkan zaman sebelumnya"
Berusia 108 - pabrik semen Padang yang kini berusia 108 tahun. Pabrik ini akan disulap menjadi salah satu museum semen di Indonesia. Foto yosviandri, dirut semen Padang. (Semen Padang)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sampai hari ini, PT Semen Padang sudah berumur 108 tahun semenjak didirikan pada 18 Maret 1910 dengan nama NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappij (NV NIPCM).

Setelah Indonesia merdeka, perusahaan tersebut dinasionalisasi pada tanggal 5 Juli 1958 bersama lebih 300 perusahaan yang didirikan oleh Belanda (Jasmi, K., 2018). Sepanjang umur tersebut, PT Semen Padang telah mengalami pasang surut dan naik sesuai dengan tantangan zamannya.

Manajemen, kebijakan dan kelembagaan telah mengalami perubahan sesuai dengan tantangan yang dihadapi pada zamannya agar PT Semen Padang tetap eksis dalam persaingan industri semen yang semakin hari semakin tajam.

"Tantangan yang dihadapi BoC dan BoD di zaman now, dan generasi mellinial serta generasi Alpha jauh berbeda dibandingkan zaman sebelumnya," kata Komisaris PT Semen Padang Werry Darta Taifur, Minggu.

BoC dan BoD zaman now, sebut mantan Rektor Universitas Andalas itu, harus mampu menghadapi perubahan strategi perubahan kelembagaan, manajemen produksi, manajemen pemasaran, pemanfatan perubahan teknologi, persediaan bahan bakar dan raw maarial semakin langkah.

"Memang perubahan telah banyak dikakukan, tetapi jangan sampai terjadi perubahan yang telah dilakukan kalah cepat dibandingkan kebutuhan atau yang dilakukan oleh kompetitor," ujarnya.

Oleh sebab itu, sambungnya, "Di usia 108, PT Semen Padang harus dijadikan sebagai momen perubahan di segala line sebelum dipaksa berubah oleh lingkungan usahanya," imbuh Werry.

Selain Werry Komisaris lainnya, Khairul Jasmi mencatat, sejarah keberadaan Semen Padang selama satu abad lebih telah berjalin-berkelindan dengan sejarah masyarakat Minangkabau khususnya, bahkan dengan sejarah bangsa Indonesia umumnya.

Pabrik ini merupakan bagian penting dari sejarah modernisasi dan industrialisasi di Indonesia, karena inilah pabrik semen dan industri besar pertama yang dibangun di ... Baca halaman selanjutnya