Produk dan Pemasaran Non Semen PT Semen Padang

Split yang diproduksi oleh Tambang PT Semen Padang merupakan split terkuat dan terbaik karena material yang dimiliki adalah material terbaik
Split yang diproduksi oleh Tambang PT Semen Padang merupakan split terkuat dan terbaik karena material yang dimiliki adalah material terbaik (doc)

KLIKPOSITIF - PT Semen Padang sebagai perusahaan persemenan pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, saat ini tidak hanya memproduksi semen, namun juga memproduksi produk non semen.

Kepala Biro Kepala Biro Quality Assurance PT Semen Padang, Nuralib, memaparkan bahwa saat ini PT Semen Padang juga telah memproduksi berbagai jenis produk di luar semen sebagai produksi pokok perusahaan. "Hal itu seperti pengujian sampel yang dilakukan oleh laboratorium dari pihak luar yang ingin menggunakan jasa pengujian labor kita. Kemudian di bagian worskhop, kita juga menerima order rangkaian produk. Sementara dari bagian Tambang, kita saat ini jug telah memproduksi Split untuk kebutuhan jalan dan
lainnya," jelasnya di ruang kerja Quality Assurance PT Semen Padang.

Untuk pengujian sampel di Biro Quality Assurance PT Semen Padang, dilakukan sesuai dengan standar pelayanan internal dan pengujian yang dilakukan dengan sertifikat yang telah terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN). Dalam hal ini, akreditasi yang diperoleh PT Semen Padang sebagai persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi.

Baca Juga

"Akreditasi yang didapat laboratorium juga didukung oleh peralatan-peralatan lainnya, seperti Preparasi Sampel Batu Bara, Mill Mini, Bowl Mill, dan Tim Pelayanan Teknis yang siap membantu customer Laboratorium Quality Assurance," ujarnya.

Dengan akreditasi yang telah didapat oleh Laboratorium Quality Assurance PT Semen Padang, laboratorium telah mendukung kegiatan operasional perusahaan dan menerima permintaan pengujian dari luar.

Staf Biro Quality Assurance PT Semen Padang, Febrianki menuturkan, untuk pengujian, ada standar yang diberlkukan oleh Laboratorium PT Semen Padang. Standar itu diantaranya SNI, ASTM, BSEN, JIZ, SLS, dan EPI. Sedangkan untuk peralatan yang dimiliki sudah terkalibrasi secara rutin. "Peralatan yang kita miliki di labor sendiri juga alat yang SRD, XRD, Mikroskop terbaru dan lain sebagainya," jelasnya.

Selain itu, pengujian yang dilakukan oleh laboratorium QA PT Semen Padang diantaranya Pengujian Raw Material (Limestone, Silica stone/ Silica sand, Clay, Dolomite, Calcite dan Bottom Ash), Iron Sand (Pasir besi), Sumber Besi lainnya.

Kemudian ada pengujian Gypsum, pengujian Pozzolan/Trass/ Fly Ash, Pengujian Batubara, Pengujian Semen/Klinker, Pengujian Agregat & Grouting, Pengujian Beton, Mix Design Beton, Pengujian Kantong dan Bahan Kantong, dan Sampling serta Preparasi Material.

Pengujian sampel yang dilakukan oleh Biro Quality Assurance PT Semen Padang dilakukan dengan cepat. Dengan berbagai metode yang digunakan, pengujian bisa selesai dalam waktu empat hari hingga seminggu.

"Untuk bahan yang bisa kita uji itu beranekaragam, misalnya pasir besi, clay, beton, silinder, dll. Untuk pengujian yang dilakukan berdasarkan pada tiga unsur yakni sampel, bahan dan waktu," kata Febrianki.

Pengujian yang dilakukan tergantung sampelnya, apakah itu pasir besi, clay atau yang lainnya. Untuk pengujian pasir besi, terkadang kita bisa menghabiskan waktu seminggu. "Dan sekali lagi, untuk pengujian memerlukan waktu pengujian berdasarkan sampel," jelasnya.

Selain mendukung kegiatan operasional perusahaan, laboratorium Quality Assurance juga menerima permintaan pengujian dari pihak luar. Bagi Anda yang ingin menggunakan pengujian di Laboratorium Quality Assurance PT Semen Padang bisa menghubungi Laboratorium Quality Assurance PT Semen Padang di Jalan Raya Indarung- Padang Lubuk Kilangan 25237 dan bisa juga menghubungi line telepon kami di 0751-202876/0751- 202856 atau bisa langsung kontak Ayu Melda dengan nomor WhatsApp: 0813 6307 6661 dan Farida di nomor: 0853 7666 6936, serta bisa menghubungi kami di admin.jkpt @semenindonesia.com (*)

Produksi dan Pemasaran Workshop PT Semen Padang

Workshop PT Semen Padang telah aktif memproduksi peralatan pabrik sejak tahun 1986. Pada tahap awal, Workshop mempabrikasi alat – alat transport material, seperti Rubber Belt Conveyor, Screw Conveyor, Bucket Elevator dan Pneumatic Gravity Conveyor.

Kepala Biro Workshop PT Semen Padang, Tarlo Sembiring mengatakan Tahun 1993 Workshop PT. Semen Padang telah mengerjakan peralatan produksi seperti Kiln dan Cement Mill Tube. Peralatan produksi tersebut selain dipakai untuk lingkungan sendiri, juga di fabrikasi untuk pabrik semen lain, seperti PT. Semen Baturaja dan PT. Semen Tonasa serta Lambda Cemex Bangladesh.

"Pada tahun 1997 dilakukan pembangunan Pabrik Indarung V (PT. Semen Padang). Pada masa itu Workshop memfabrikasi lebih dari 75% dari total berat (weight base) peralatan produksi pabrik, mulai dari area penambangan sampai ke unit pengantongan," tuturnya.

Pada tahun 1998 Workshop mempabrikasi Fan Casing ABB Soliven Ventek dan mempabrikasi Shell Kiln PT Semen Andalas.

"Bengkel Fabrikasi (Workshop) PT. Semen Padang dengan fasilitas yang tersedia bergerak di bidang Manufacturing & Construction Peralatan Pabrik, sedangkan untuk kebutuhan Engineering Workshop didukung sepenuhnya oleh Biro Rancang Bangun PT. Semen Padang," jelasnya.

"Dalam jangka waktu yang lebih dari tiga dasawarsa ini, workshop PT Semen Padang telah mampu untuk memfabrikasi peralatan sebagai berikut, diantaranya maksimal berat produk 247.2 tons/unit, maksimal tebal 120 mm, kapasitas pertahun 2800 tons/year, pekerjaan dilakukan oleh mekanikal," kata Tarlo Sembiring.

"Workshop yang berdiri sejak 1988 memiliki fasilitas, diantaranya; area bengkel tertutup memiliki luas 5.964 m², area terbuka dengan luas 2.550 m², halaman dengan luas 2.268 m², perkantoran dengan luas 450 m²," jelasnya.

Sedangkan untuk mendukung kegiatan, workshop PT Semen Padang juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang yakni gudang dengan luas 1.085 m², Sand Blasting & Painting dengan luas 576 m², Overhead Crane sebanyak 10 Unit ( 5 ton – 50 ton ), Gantry Crane sebanyak 3 Unit (5 ton – 10 ton), dam Single Girder Crane sebanyak 5 Unit ( 1 ton – 3 ton).

Disisi lain, pengerjaan di workshop juga didukung oleh jalan darat dengan batas beban 40 ton dan lebar 7 m. Untuk jalan laut, workshop memiliki dermaga dengan nama PT Semen Padang yang berlokasi di Pelabuhan Teluk Bayur dengan jarak ± 14 Km dari workshop dengan kapasitas 10.000 DWT.

Sementara itu, fasilitas tempat dan peralatan produksi yang dimiliki oleh workshop PT Semen Padang yakni CNC Flame Cutting, Bending Roll Machine, Lathe Machine, Hardfacing Machine, Milling Portable Machine, Boring Portable Machine, Double Column Planing Machine, Fan Balancing Machine, Press Hydaulic Machine, Welding Machine, Blasting & Painting, Compressor, Turning Roll, Forklift, Quality Control (List Peralatan), dan Peralatan Pendukung lainnya.

Hingga saat ini, workshop PT Semen Padang melayani permintaan pekerjaan dari pihak luar. Dan ini tentunya juga sudah mendapatkan izin dan sertifikat dari pihak terkait, diantaranya Welding Engineer (WE) dari Center for Material and Technical Product (B4T). Untuk info lebih lanjut, Anda bisa menghubungi workshop PT Semen Padang di Head Office yang beralamat di Komplek PT. Semen Padang Indarung Padang 25237 Sumatera Barat Telepon : (0751) – 202160, 202495, Fax : (0751) – 39193 atau email di tarlo.sembiring@semenindonesia.com (*)

Pemasaran Split Tambang PT Semen Padang

Sebagai perusahaan semen pertama dan tertua di Asia Tenggara, PT Semen Padang terus berinovasi dengan menghasilkan berbagai produk yang tidak hanya semen, namun juga produk non semen.

Kepala urusan penambang soil dan pengolahan agregat, Novrizal mengatakan produk non semen yang diproduksi PT Semen Padang saat ini salah satunya adalah Split. Split sejenis material basa dengan proses melalui pengeboran, blasting dan loading.

"Raw material di proses di Jaw Crawsher sebagai pemecah awal material dengan ukuran 19 cm atau 190 mm. Setelah itu, batu dibawa dengan belt conveyor ke screen, dimana disana ada empat saringan atau ukuran," katanya.

Empat tipe itu yakni; tipe 0-50 cm (abu batu), tipe 1-2 cm, tipe 2-3 cm (20 mm-30 mm), dan tipe 3-5 cm. Didalam screen, secara otomatis ada material yang tidak sesuai dengan ukuran akan masuk materi reject sehingga masuk ke cons cracker dengan membentuk empat ukuran. "Dari cons cracker, material akan kembali screen. Setelah itu baru dibagi menjadi empat tipe yang ada dalam split," tuturnya.

Split yang diproduksi oleh Tambang PT Semen Padang merupakan split terkuat dan terbaik karena material yang dimiliki adalah material terbaik. "Karena material kita bagus dan keras. Bahan dasar terbaik dari split itu adalah yang keras, dan Semen Padang memiliki itu sebagai material yang sangat bagus untuk memproduksinya," jelasnya.

Selain itu, Split juga telah memenuhi standar nasional dan internasional. Standar nasional ini dibuktikan dengan telah lulus ujicoba laboratorium oleh internal PT Semen Padang dan oleh pihak ketiga (eksternal yang melakukan pengujian).

Dikatakannya, material basal yang dimiliki PT Semen Padang merupakan sisipan dari limestone yang juga telah mendapatkan Izin Usaha pertambangan (IUP) dari Kementerian ESDM. "Selain itu, selama ini material yang ada hanya kita manfaatkan untuk internal perusahaan, misalnya pemanfaatan untuk pembangunan akses jalan ke Tambang. Namun saat ini kita telah melayani kebutuhan di luar PT Semen Padang," tuturnya.

Untuk menjamin ketersediaan barang atau split yang dibutuhkan di pasaran. Hal itu dengan produksi yang dilakukan setiap harinya oleh Tambang PT Semen Padang. "Produksi yang kita lakukan untuk saat ini selama 6 jam setiap harinya dengan produksi 1200 ton. Dalam satu jam kita memproduksi 200 ton per jam dengan alat yang baik dan bagus," jelasnya.

Untuk distirbusi split ini dilakukan oleh PT Igasar dan PT Yasiga dalam pembuatan jalan, campuran beton, aspal, dan bantaran rel kereta api. Split PT Semen Padang mulai diproduksi pada September 2017. Walaupun terbilang baru dalam produksi, namun kualitas dan ketersediaan stok dijamin ada oleh Tambang PT Semen Padang.

Jadi tunggu apalagi Positifers, ayuk gunakan produk PT Semen Padang. Produk dari negeri sendiri dan diproduksi oleh anak negeri. Untuk pemesanan, Anda bisa menghubungi PT Igasar dan PT Yasiga sebagai distributor. Atau bisa langsung di Head Office yang beralamat di Komplek PT. Semen Padang Indarung Padang 25237 Sumatera Barat Telepon: (0751) – 202160, 202495, Fax : (0751) – 39193. (*)

Editor: Fitria Marlina