Komisi III DPRD Plant Visit ke Semen Padang, Ini Kata Elvi Amri

"Dari peninjauan kami, didapatkan informasi bahwa tidak ada dampak limbah chevron kepada lingkungan, termasuk kebocoran filter juga tidak ada "
Komisi III DPRD Padang kunjungan lapangan ke Pabrik Indarung VI (Riki S/Klikpositif)

PADANG, KLIKPOSITIF - Komisi III DPRD Kota Padang bersama Dinas Lingkungan Hidup, mengunjungi pabrik PT Semen Padang, Kamis (29/3/2018) siang. Didampingi Kadep Komunikasi Perusahaan PT Semen Padang, Iskandar Z Lubis, rombongan tersebut memantau proses pembuatan semen dari awal sampai akhir, termasuk amdalnya.

Usai mengunjungi pabrik, Wakil Ketua Komisi III, Elvi Amri, mengatakan kunjungan ini merupakan aspirasi dari masyarakat sekitar lingkungan tentang dampak limbah chevron yang dimanfaatkan PT Semen Padang. Dari kunjungan tersebut, ternyata tidak ditemukan dampaknya, termasuk kebocoran filter.

"Pada kunjungan ini, kami melihat melalui monitor bagaimana proses awal sampai akhir, hingga ke amdalnya. Dari peninjauan kami, didapatkan informasi bahwa tidak ada dampak limbah chevron kepada lingkungan, dan kebocoran filter juga tidak ada," kata Elvi Amri kepada wartawan, Kamis siang.

Elvi Amri berkunjung ke Pabrik PT Semen Padang tidak sendirian. Selain dirinya, dalam kunjungan itu juga ikut serta Ketua Komisi III M Nuh, Sekretaris Komisi, Melinda Ros, dan dua orang anggota Komisi III, Wismar Panjaitan dan Ilham Maulana, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Al Amin.

Lebih lanjut Elvi menyebut bahwa sebagai dewan yang melakukan pengawasan terhadap lingkungan dan amdal, Ia pun siap untuk mempertanggung jawabkan soal tidak adanya dampak limbah chevron dan kebocoran filter di pabrik PT Semen Padang.

"Kenapa kami berkata begitu, karena setelah kami tanya jawab dan lebih dipertegas lagi bagaiamana dampaknya apabila filter itu bocor? ternyata justru akan merugikan pabrik, merugiakan perusahaan," ujarnya.

"Jadi setelah kami analisa, tidak mungkin dilakukan perusahaan. Bahkan mereka (Semen Padang) menantang kami untuk mencek per menit, apalagi laporan per menit itu juga diberikan secara berkala ke Dinas Lingkungan Hidup," ... Baca halaman selanjutnya