Libatkan 6000 Partisipan, Semen Padang Gelar Simulasi Bencana

"Dalam skenario simulasi tersebut, Kota Padang mengalami gempa di atas 8,9 Skala Richter, yang menimbulkan kepanikan masyarakat, para karyawan dan karyawati perusahaan"
Simulasi hari kesiap siagaan bencana di Indarung VI PT Semen Padang dengan melakukan evakuasi menggunakan teknik Vertikal Rescue (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Mengambil momentum Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2018, PT Semen Padang menggelar simulasi menghadapi bencana dengan melibatkan sekitar 6000 partisipan di 26 wilayah kerja PT Semen Padang, Kamis (26/4/2018).

“Simulasi ini kita gelar untuk memberikan pembekalan, pembelajaran sekaligus kesiapsiagaan untuk menghadapi bencana. Selain itu, untuk mendukung program pemerintah dalam mensosialisasikan dan menumbuhkan kesadaran akan budaya sadar bencana,” kata Kepala Biro Humas PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati.

Simulasi yang dilakukan PT Semen Padang diawali dengan bunyi sirine perusahaan pada 26 April 2018 pukul 10.00. Selanjutnya, kegiatan simulasi berdasarkan skenario yang sudah dibuat, sekaligus uji coba prosedur evakuasi Evakuasi Mandiri pada saat gempa dan tsunami, penanganan Kebakaran di 26 wilayah kerja Semen Padang (Padang, Malahayati-Aceh, Dumai-Riau, Jambi, Tarahan-Lampung dan Ciwandan-Banten).

Dalam skenario simulasi tersebut, Kota Padang mengalami gempa di atas 8,9 Skala Richter, yang menimbulkan kepanikan masyarakat, para karyawan dan karyawati perusahaan. Di Kantor Pusat PT Semen Padang karyawan/karyawati Semen Padang Group tampak melakukan penyelamatan dengan berlarian menuju titik-titik kumpul evakuasi yang sudah ditentukan.

Pasca bencana diperagakan kesiapan Tim Reaksi Cepat (TRC) PT Semen Padang, dan Petugas Kesiapan Tanggap Darurat (PKTD) perusahaan dalam malakukan evakuasi korban di lokasi ... Baca halaman selanjutnya