Ini Kesan Mahasiswa UPP saat Berkunjung ke PT Semen Padang

" kita memaparkan soal mesin-mesin yang digunakan dalam proses produksi semen"
Sebanyak 31 orang mahasiswa Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Riau melakukan kunjungan industri ke PT Semen Padang, Rabu, 9 Mei 2018 (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF - Sebanyak 31 orang mahasiswa Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Riau melakukan kunjungan industri ke PT Semen Padang, Rabu, 9 Mei 2018. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka mengenal mesin-mesin yang digunakan dalam proses produksi di PT Semen Padang.

"Dalam kunjungan ini, kita memaparkan soal mesin-mesin yang digunakan dalam proses produksi semen. Mulai dari hulu hingga hilir. Dari proses pengambilan material di tambang hingga siap dilepas ke pasaran," kata Kepala Seksi Overhole Manajemen, Febi Rieldi.

Antusias kunjungan mahasiswa untuk tahu lebih banyak soal PT Semen Padang sendiri juga sangat besar. Hal itu terlihat dari pertanyaan yang diajukan, yang tidak hanya seputar mesin yang digunakan, namun juga berkaitan dengan bahan bakar dan pemanfaatan serta pengolahan limbah yang dihasilkan perusahaan sendiri.

"Misalnya pemanfaatan dan pengolahan kembali limbah oli untuk bahan bakar dalam proses produksi. Disisi lain, PT Semen Padang juga mengolah limbah dari PT Pertamina dan Chevron," tuturnya dalam pemaparan materi yang berlangsung di Wisma Indarung.

Yoserizal, salah seorang dosen pembimbing mengatakan kunjungan industri ini merupakan program tahunan prodi dalam melihat praktik secara langsung dari ilmu yang telah didapat di bangku perkuliahan.

"Ini kunjungan pertama ke PT Semen Padang dalam mengenal mesin-mesin yang digunakan dalam proses produksi di perusahaan ini. Dan saya sangat apresiasi PT Semen padang dalam hal ini. Apalagi setelah dijelaskan terkait mesin-mesin yang digunakan dalam proses produksi di sini. Namun satu hal yang pasti, PT Semen Padang masih berdiri kuat di tengah gempuran produk asing yang masuk ke Indonesia," jelasnya. Ia berharap semoga kedepannya, pihaknya bisa bekerjasama dengan PT Semen Padang dalam hal lainnya.

Sementara itu, Muhammad Ibrahim, salah seorang mahasiswa semester empat mengatakan pembahasan dan penjelasan soal ... Baca halaman selanjutnya