Semen Padang Kirim TRC Lakukan Misi Kemanusiaan ke Palu

Relawan TRC Semen Padang foto bersama dengan jajaran Direksi dan sejumlah Staf Pimpinan  PT Semen Padang saat acara pelepasan relawan ke Palu
Relawan TRC Semen Padang foto bersama dengan jajaran Direksi dan sejumlah Staf Pimpinan PT Semen Padang saat acara pelepasan relawan ke Palu (Ist)

KLIKPOSITIF , PADANG - Sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana gempabumi dan tsunami yang memporak-porandakan Palu dan Donggala , Provinsi Sulteng, PT Semen Padang merasa prihatin dan terpanggil untuk ikut serta melakukan penanggulangan bencana dengan mengirim relawan Tim Reaksi Cepat ( TRC ) ke Palu.

Pengiriman relawan yang berjumlah sebanyak tujuh orang itu, dilepas oleh Direktur Utama PT Semen Padang , Yosviandri di Ruang Rapat Kantor Pusat PT Semen Padang , Indarung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Selasa, 2 Oktober 2018 malam.

baca juga: Semen Padang Sosialisasikan Protokol The New Normal pada Pemangku Kepentingan

Pada pelepasan tersebut, turut hadir Direktur Operasional Firdaus, Direktur Keuangan, Tri Hartono Rianto, Kadep Komunikasi Perusahaan, Oktoweri, Kabiro Komunikasi & Umum, Nur Anita Rahmawati, Kabiro CSR, Muhamad Ikrar, dan Staf Komunikasi Hardi Andri.

Koordinator TRC Semen Padang Kiki Warlansyah mengatakan, relawan yang dikirim ke lokasi bencana akan berangkat Rabu pagi menuju Jakarta untuk transit ke Makassar, dan setelah itu langsung bertolak ke lokasi bencana melalui jalur darat.

baca juga: SSB Semen Padang Serahkan Bansos Dampak Covid 19 dari APSSI

Relawan TRC yang dikirim PT Semen Padang , sebut Kiki, merupakan relawan yang memiliki kemampuan Urban SAR dan Vertical Rescue yang telah disertifikasi. Selama berada di lokasi bencana, para relawan nantinya akan ikut melakukan pencarian terhadap korban yang masih hilang.

"Selain melakukan pencarian, relawan tersebut nantinya juga akan ikut ambil bagian untuk mengevakuasi, dan melakukan penanganan para pengungsi. Namun yang jadi prioritas bagi relawan di lokasi bencana, adalah pencarian dan evakuasi korban," kata Kiki di sela-sela pelepasan relawan TRC ke Palu, Selasa malam.

baca juga: Terkait COVID-19, Semen Padang Tiadakan Salat Idul Fitri di Plaza Kantor Pusatnya

Relawan TRC Semen Padang , lanjutnya, akan berada di lokasi bencana hingga 11 Oktober mendatang, atau selama masa tanggap darurat. Selama berada di lokasi, relawan akan bergabung bersama Basarnas, Pusdalops BNPB dan relawan dari PT Semen Tonasa yang merupakan perusahaan satu holding dengan Semen Padang di bawah naungan Semen Indonesia Grup.

“Selain mengirim relawan, kami di PT Semen Padang juga akan menggalang dana bantuan untuk para korban gempa dan tsunami di Sulteng. Penggalangan dana itu sudah kami lakukan sejak Senin kemarin sampai 9 Okrober mendatang,” ujarnya.

baca juga: Anjangsana ke Panti Sosial Anak Asuh Lubuk Kilangan, Semen Padang Serahkan Tali Asih

Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri mengatakan, perusahaan turut terpanggil untuk mengirim relawan ke lokasi bencana, karena hingga kini diketahui bahwa masih ada korban yang belum ditemukan. Melihat kondisi itu, perusahaan berinisiatif untuk mengirim relawan TRC untuk ikut serta melakukan pencarian.

"Kita mengambil inisiatif, karena kita punya TRC yang terlatih dan memiliki kemampuan Vertical Rescue yang telah disertifikasi. Saya berharap selama berada di lokasi bencana, relawan juga menjaga kesehatannya. Kemudian komunikasikan juga bagaimana perkembangan di lokasi bencana," ujarnya.

Yosviandri berharap para relawan TRC yang berangkat ke lokasi bencana, juga mengambil pelajaran sebanyak mungkin di lokasi bencana untuk disampaikan kepada masyarakat di Sumbar, karena Sumbar sendiri juga merupakan daerah rawan bencana, termasuk gempa dan tsunami.

"Dokumentasikan apa yang terjadi di lokasi bencana untuk disampaikan kepada kita di Sumbar. Kami mendoakan agar relawan yang berangkat selamat pulang pergi, dan kegiatan kemanusian yang dilakukan relawan di lokasi bencana, mudah-mudahan menjadi ladang amal," ujarnya.(*)

Penulis: Riki S