UPZ Semen Padang Taja Sidang Itsbat Terpadu, Pernikahan 136 Pasangan Muslim di Mentawai Dilegalkan

"Jumlah itu tersebar di kawasan Tua Pejat dan beberapa daerah lainnya di Kepulauan Sipora, Mentawai. "
Kepala Kemenag Mentawai, Masdan (kiri) didampingi Ketua Pengurus UPZ Baznas Semen Padang, Oktoweri (dua dari kanan) menyerahkan buku nikah kepada pasangan suami istri yang telah mengikuti sidang itsbat di Sikakap. (Riki S)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF - Sebanyak 136 pasangan suami istri di tiga kecamatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), tak lagi merasa temarginalkan, karena pernikahan mereka yang sebelumnya dilakukan secara siri, telah disahkan oleh Pengadilan Agama Padang Kelas I A, melalui sidang Itsbat Massal Terpadu Jilid III yang digelar di Sikakap.

“Sekarang seratusan pasangan yang berasal dari Kecamatan Sikakap, Pagai Utara dan Pagai Selatan itu sudah mendapatkan hak-haknya sebagai warga Negara Indonesia, karena setelah sidang itsbat ini, mereka langsung mendapatkan buku nikah, KTP, Kartu Keluarga (KK) dan Catatan Sipil. Sidang itsbat ini dilakukan secara terpadu dengan melibatkan Disdusdukcapil Mentawai,” kata Kepala Kemenag Kepulauan Mentawai, Masdan, disela-sela Sidang Itsbat, Kamis (25/10/2018).

Sidang Itsbat Massal Terpadu Jilid III itu merupakan bagian dari program Syiar Islam Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Semen Padang. Sebelumnya, lembaga pengumpul zakat karyawan PT Semen Padang itu bersama Kemenag Kepulauan Mentawai, Pengadilan Agama Padang Kelas I A, dan Disdukcapil Mentawai, juga menggelar sidang serupa di dua kecanamatan di Mentawai, yaitu di Siberut Selatan dan Siberut Barat.

Mazdan menyebut bahwa pihaknya mengapresiasi UPZ Baznas Semen Padang yang turut peduli terhadap pasangan suami istri yang selama ini menikah secara siri, khususnya umat Islam yang kurang mampu di Kepulauan Mentawai. Sebab, tanpa ada dukungan dan support dari UPZ, maka pihaknya akan kesulitan menekan jumlah pasangan suami istri yang menikah secara siri di Mentawai.

Sebelum ada sidang itsbat ini, sebutnya, pasangan yang menikah secara siri di Mentawai berjumlah lebih kurang 600 pasang. Tapi setelah adanya sidang ini, jumlah tersebut berhasil ditekan. Bahkan saat ini ada sekitar 150 pasangan suami istri yang belum mengikuti sidang itsbat.

“Jumlah itu tersebar di kawasan Tua Pejat dan ... Baca halaman selanjutnya