Empat Perusahaan BUMN Studi Banding ke UPZ Baznas Semen Padang

"Selain alasan muzakkinya 100 persen merupakan karyawan, kami sendiri di Angkasa Pura kan baru memulai. UPZ nya baru berdiri awal tahun ini, dan tentunya kami juga ingin mengetahui program-program apa saja yang ada di sini, karena kami juga ingin mengimplementasikan program-program tersebut di tempat"
Direktur Keuangan PT Semen Padang, Tri Hartono Rianto memberikan kata sambutan saat kedatangan rombongan UPZ dari beberapa BUMN di Rumah Knowledge Management PT Semen Padang (Riki S)

PADANG, KLIKPOSITIF - Empat lembaga zakat di Indonesia yang terdiri dari BNI, Jamskrinndo dan PT Angkasa Pura I, serta PT Angkasa Pura II, mengunjungi UPZ Baznas Semen Padang untuk belajar bagaimana pola pengumpulan dan penyaluran zakat karyawan kepada para mustahiq, Kamis, 14 Februari 2019.

Setiba di PT Semen Padang, rombongan lembaga zakat dari perusahaan BUMN itu lagsung disambut Direktur Keuangan PT Semen Padang, Tri Hartono Rianto, dan sejumlah pengurus UPZ Baznas Semen Padang di Rumah Knowledge Manajemen.

Dalam sambutannya, Tri Hartono Rianto mengatakan, UPZ Baznas Semen Padang merupakan sebuah lembaga pengumpul zakat seluruh karyawan muslim di PT Semen Padang, dan lembaga zakat ini juga bersineregi dengan CSR perusahaan, khususnya dalam meningkatkan perekonomian para mustahiq.

Salah satu contohnya, kata Tri Hartono, yaitu para mustahiq yang ingin menjadi mitra binaan dari CSR perusahaan, namun karena mereka belum punya usaha karena tidak ada modal untuk meulai usahanya, UPZ Baznas Semen Padang kemudian memberikan bantuan modal usaha.

Setelah usaha yang dirintisnya berjalan satu tahun dan ada perkembangannya, sebut Tri Hartono, di situlah mustahiq tersebut dijadikan sebagai mitra binaan dari CSR perusahaan, dan mereka pun kemudian dipinjamkan modal untuk mengembangkan usahanya.

"Jadi dengan adanya sinergi CSR perusahaan dengan UPZ Baznas Semen Padang, mereka yang sebelumnya seorang mustahiq, lama kelamaan seiring berkembangnya usaha yang dirintis, maka mereka tidak lagi sebagai mustahiq, tapi Muzakki yang tentunya juga bisa membantu para mustahiq di lingkungannya," kata Tri Hartono.

Korlap UPZ Angkasa Pura II, Widodo Prayitno, mengaku bahwa kedatangannya ke Semen Padang untuk study banding cara pengumpulan dan pengelolaan zakat, merupakan rekomendasi dari Baznas Pusat, karena perusahaan semen di Sumatera Barat ini lebih dulu menerapkan UU Nomor 23 tahun 2011 Tentang Pengelolaan ... Baca halaman selanjutnya