Peringati Hari Air Sedunia dan Hari Sampah Nasional, TRC Semen Padang Bersihkan Sungai Batang Arau

"Bayangkan kalau sampah berserakkan di sembarangan tempat masuk ke selokkan, lalu terjadi penyumbatan, tentu mengakibatkan banjir, karena aliran air hujan yang seharusnya masuk ke selokkan, meluap hingga ke pemukiman masyaraka,"
TRC Semen Padang membersihkan Sungai Batang Arau dari sampah (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Memperingati Hari Air Sedunia dan Hari Sampah Nasional, PT Semen Padang mengirim sekitar 30 orang relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk ambil bagian dalam membersihkan muara Sungai Batang Arau, Sabtu, 23 Maret 2019 pagi.

Bahkan untuk mempermudah pengambilan sampah yang mengapung di muara Sungai Batang Arau tersebut, relawan peduli kebencanaan dari perusahaan semen pertama di Asia Tenggara itu, juga mengerahkan satu unit perahu karet.

Koordinator TRC Semen Padang Kiki Warlansyah mengatakan bahwa TRC ikut ambil bagian dalam aksi gotong-royong membersihkan Sungai Batang Arau dari sampah, karena ini juga komitmen TRC selain kegiatan sosial penanggulangan bencana.

"Sebenarnya bukan kali ini saja kami terlibat dalam kegiatan bersih-bersih. Pada kegiatan Multilateral Naval Excercise Komodo (MNEK) 2016, kami juga ikut membersihkan bibir Pantai Air Manis dari saampah yang beraerakan," kata Kiki Warlansyah, Sabtu pagi.

Selain itu, lanjutnya, dalam aksi "Barasiah Basamo" yang diinisiasi PT Semen Padang sejak petengahan 2018 lalu, TRC juga ikut terlibat, karena membersihkan lingkungan dari sampah, juga bagian dari mengantisipasi terjadinya bencana banjir.

"Bayangkan kalau sampah berserakkan di sembarangan tempat masuk ke selokkan, lalu terjadi penyumbatan, tentu mengakibatkan banjir, karena aliran air hujan yang seharusnya masuk ke selokkan, meluap hingga ke pemukiman masyarakat," ujarnya.

Kegiatan bersih-bersih yang merupakan bagian dari momentum Peringatan Hari Air dan Hari Sampah Nasional yang dipusatkan di Sungai Batang Arau itu, ditaja oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar.

Selain TRC, dalam aksi bersih-bersih itu juga ikut serta karyawan Semen Padang Grpup, serta OPD terkait di lingkungan Pemprov Sumbar, dan Pemerintah Kabupaten/Kota, serta BUMD dan BUMN di Sumbar.

"Total massa dalam aksi bersih-bersih di Sungai Batang Arau ini diikuti sekitar 2500 orang. ... Baca halaman selanjutnya