Peduli Bencana Banjir, Pemprov Bengkulu Apresiasi Semen Padang

Anggota TRC Semen Padang membantu pihak BOBD Bengkulu Tengah dalam mendistribusikan bantuan sembakobkepadabkorban banjit
Anggota TRC Semen Padang membantu pihak BOBD Bengkulu Tengah dalam mendistribusikan bantuan sembakobkepadabkorban banjit (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Bengkulu mengapresiasi PT Semen Padang yang telah peduli terhadap bencana banjir besar yang melanda sebagaian besar wilayah di Provinsi Bengkulu pada 28 April 2019.

Apresiasi itu disampaikan langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Bengkulu, Nopian Andusti, kepada Dirut PT Semen Padang, Yosviandri yang datang berkunjung ke Kantor Gubernur Bengkulu, Jumat, 3 Mei 2019.

baca juga: Antisipasi Penyebaran Covid-19, Semen Padang Disinfektan 2 Pasar di Lubuk Kilangan

Dalam kunjungan itu, turut hadir mendampingi Dirut Yosviandri, yaitu Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Oktoweri, dan perwakilan PT Semen Padang di Bengkulu.

Sekdaprov Bengkulu menyebut bahwa kepedulian yang ditunjukkan Semen Padang tidak hanya melalui bantuan sembako yang dikirim beberapa hari pasca-banjir, tapi juga mengerahkan anggota Tim Reaksi Cepat ( TRC ) Semen Padang ke lokasi bencana banjir.

baca juga: TRC Semen Padang Kirim Bantuan Logistik untuk Korban Banjir Sijunjung

"Keberadaan anggota TRC Semen Padang di sini (Bengkulu) sangat membantu kami, karena selama di sini, mereka terus berkoordinasi dengan BPBD dan turut terlibat dalam membersihkan fasilitas umum pasca-banjir," katanya.

Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Oktoweri mengatakan, perusahaan mengirim sembako dan anggota TRC ke lokasi bencana banjir ke Bengkulu, karena Semen Padang merupakan perusahaan yang peduli terhadap bencana di Indonesia.

baca juga: Semen Padang Kirim Relawan TRC ke Lokasi Banjir dan Longsor di Sijunjung

"Sebelum di Bengkulu ini, Semen Padang juga mengirim anggota TRC ke Sulawesi Tengah untuk membantu korban gempa dan tsunami yang terjadi pada 2018 lalu, termasuk ke lokasi bencana gempa di Aceh beberapa tahun lalu," katanya.

Terpisah, anggota TRC Semen Padang Herwan Nazar mengatakan bahwa rombongannya sudah berada di lokasi bencana banjir Bengkulu sejak 29 April kemarin, tepatnya di Desa Genting, Kecamatan Bang Haji, Kabupaten Bengkulu Tengah.

baca juga: Semen Padang Kembali Kirim Tim Medis dan Relawan ke Solsel

Sebelum menuju Desa Genting, sebut Herwan, TRC juga mendatangi posko bantuan bencana bbanjir Begkulu untuk menyerahkan bantuan sembako dari PT Semen Padang. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Kepala BPBD Bengkulu Tengah, Tomi Tapsili.

"Di Desa Genting, kami juga membantu pihak BPBD Bengkulu Tengah untuk mendistribusikan bantuan sembako kepada para korban di lokasi pengungsian," ujar Herwan Nazar saat dihubungi via handphone dari Padang.

Selama hampir sepakan di Desa Genting, lanjut Herwan Nazar, TRC Semen Padang juga membersihkan fasilitas umum. Di antaranya, membersihkan gedung Sekolah Dasar (SD) yang digenangi lumpur setinggi lutut orang dewasa.

"Kemudian di samping itu, kami juga menyerahkan bantuan satu unit genset beserta kabel sepanjang kurang lebih 100 meter dan 3 buah jerigen berisi bensin 80 liter untuk warga yang berada di pengungsian, karena di lokasi tersebut tidak ada listrik," ujarnya.(*)

Penulis: Riki S