Dua Pelajar Binaan CSR Semen Padang di Sampoerna Academy Boarding School Ikuti Wisuda Kelulusan

Kevin Gusriadi dan  Uci Tri Ayunda, diabadikan bersama staf CSR Semen Padang, acar Graduation 2019 di Jakarta, Sabtu (25/5).
Kevin Gusriadi dan Uci Tri Ayunda, diabadikan bersama staf CSR Semen Padang, acar Graduation 2019 di Jakarta, Sabtu (25/5). (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kevin Gusriadi dan Uci Tri Ayunda, dua siswa binaan Corporate Social Responsibility ( CSR ) PT Semen Padang , sukses menyelesaikan pendidikan SMA-nya di Sampoerna Academi Boarding School. Wisuda kelulusan dua siswa dilaksanakan di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (25/5).

Uci Tri Ayunda yang dihubungi Sabtu, mengaku bersyukur bisa melalui pendidikan tiga tahun di Sampoerna Academy Boarding School, meskipun di tahun terakhir, dirinya bersama Kevin juga mengikuti pendidikan di Sampoerna University.

baca juga: Disdikbud dan Kemenag Tanah Datar Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru, Ini Syaratnya

"Sekolah di sini ( Sampoerna Academi Boarding School), begitu kelas XII, kita juga kuliah untuk tahun pertama di Sampoerna University," katanya.

Uci Tri Ayunda, merupakan pelajar yang tinggal di Jalan Manunggal No91, Kelurahan Batu Gadang, dan Kevin Gusriandi di Jalan Raya Gadut, Bandar Buat. Keduanya pada 2016 lalu, terpilih melalui proses selesksi yang ketat untuk mengikuti Sampoerna Academy Boarding School.

baca juga: Kemendikbud Disarankan Buka Sekolah Secara Bertahap

Keduanya terpilih setelah berhasil melewati seleksi yang diikuti oleh 10 orang pelajar terbaik kelas X dari tiga SMP di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, yaitu SMP Negeri 11, SMP Negeri 21, dan SMP Semen Padang .

Keduanya dikirim PT Semen Padang untuk menjalani pendidikan di Sampoerna Academi Boarding School dengan biaya pendidikan ditanggung oleh PT Semen Padang .

baca juga: Bukittinggi Buka Pendaftaran Siswa Baru, Ini Jadwalnya

Uci Tri Ayunda mengaku bersyukur dan berterimakasih kepada PT Semen Padang yang telah menyekolahkan dirinya di Sampoerna Academy Boarding School.

"Tanpa bantuan dan dukungan dari Semen Padang , maka saya dan Kevin tidak akan berada di sini. Teriakasih Semen Padang , semoga selalu menjadi perusahaan semen yang peduli terhadap pendidikan ," katanya.

baca juga: Semen Padang Sosialisasikan Protokol The New Normal pada Pemangku Kepentingan

Sementara itu, Kevin Gusriadi menuturkan bahwa dirinya bersyukur bisa sekolah di Sampoerna Academi Boarding School, karena begitu tamat dari sampoerna Academy School, dirinya hanya butuh dua tahun untuk bisa mendapatkan gelar sarjana.

Menariknya lagi, kata Kevin, begitu lulus dari Sampoerna University, langsung ditawarkan kerja oleh Yayasan Putra Sampoerna Foundation yang menaungi Sampoerna Academi Boarding School dan Sampoerna University.

"Ada 230 rekan kerja yang dimiliki Yayasan Putra Sampoerna Foundation. Diantaranya, Astra Internastional, Mercedes-Benz, Nutrifrood, Nielsen, Cathay Pacific, dan perusahaan besar lainnya yang ada di Indonesia," ujarnya.

Kepala Sampoerna Academy Boarding School, Reynol Bachtiar Hutabarat mengatakan bahwa tahun ini, merupakan pencapaian yang luar biasa, karena di tahun ajaran ini, semua siswa kelas XII yang mengikuti UN, berhasil meraih hasil rata-rata lebih baik secara umum dan di masing-masing pelajaran.

Bahkan untuk tahun ini, sebanyak 9 orang siswa Sampoerna Academi Boarding School, berhasil masuk perguruan tinggi nasional favorit melalui jalur undangan. "Dari jumlah tersebut, 8 di antaranya diterima di ITB. Sedangkan satu orang lagi, diterima di Universitas Airlangga," katanya.

Program Pendidikan Icon CSR Semen Padang

Di tempat terpisah, Kepala Unit CSR PT Semen Padang , Muhamad Ikrar mengucapkan selamat kepada Uci Tri Ayunda dan Kevin Gusriadi yang telah berhasil mengikuti Sampoerna Academy Graduation 2019.

"Selamat untuk Uci Tri Ayunda dan Kevin Gusriadi. Mudah-mudahan di jenjang pendidikan selanjutnya, Uci dan Kevin bisa memberikan hasil yang lebih baik lagi," katanya.

Program Sampoerna Academi Boarding School ini, lanjut Ikrar, merupakan salah satu program pendidikan CSR Semen Padang , dan program ini sangat mengisnpirasi, karena pendidikan tinggi dengan format yang inovatif, akan memberikan suatu bekal pengabdian untuk masyarakat.

Ikrar juga menyampaikan bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang bisa merubah nasib, dan bagi Semen Padang , pendidikan adalah program unggulan dan telah menjadi icon CSR perusahaan.

Saat ini, ada beberapa program pendidikan yang ada di PT Semen Padang . Selain Sampoerna Academi Boarding School, juga ada program beasiswa rutin bagi pelajar dan mahasiswa berprestasi di lingkungan perusahaan.

Kemudian, juga ada beasiswa prestatif anak negeri yang diterima kuliah di universitas favorit di Indonesia, yaitu ITB, UGM, IU, UNAIR, UNDIP, dan ITS.

"Sekarang ini, sudah ada dua orang anak nagari Lubuk Kilangan yang kuliah di ITB. Keduanya telah mendapatkan beasiswa prestatif anak negeri dari Semen Padang . Mudah-mudaan ini menjadi pelecut bagi pelajar lainnya yang tinggal di lingkungan perusahaan," pungkas Ikrar.(*)

Penulis: Riki S