Semen Padang Dukung Kegiatan Semarak Ramadan di Pampangan

Ketua Forum Pampangan Nan XX Edison Hasan (tiga dari kanan) menyerahlan bantuan kegiatan Pesantren Ramadan kepada Ketua Pesantren Masjid Baitul Makwa, Hj. Nurnanisma.
Ketua Forum Pampangan Nan XX Edison Hasan (tiga dari kanan) menyerahlan bantuan kegiatan Pesantren Ramadan kepada Ketua Pesantren Masjid Baitul Makwa, Hj. Nurnanisma. (riki s)

PADANG, KLIKPOSITIF - PT Semen Padang terus menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat lingkungan perusahaan, termasuk masyarakat di Kelurahan Pampangan Nan XX, Kecamatan Lubeg, Kota Padang.

Buktinya, di bulan suci Ramadan 1440 Hijriah tahun 2019 ini, perusahaan semen plat merah di Kota Padang itu melalui Forum Pampangan Nan XX, kembali menyalurkan bantuan.

Bantuan berupa uang tunai sebesar Rp38,5 juta itu, diserahkan oleh Staf CSR PT Semen Padang, Subrianto, kepada Ketua Forum Pampangan Nan XX, Edison Hasan di Masjid Baitul Makwa, Kompleks Permata Harbaindo Pampangan, Selasa (14/5).

Baca Juga

Pada penyerahan bantuan tersebut, turut hadir menyaksikan Lurah Pampangan Nan XX, Zainir, Wakil Ketua LPM, Zuriman BE, serta sejumlah masyarakat dan pengurus Forum Pampangan Nan XX.

Ketua Forum Pampangan Nan XX, Edison Hasan mengatakan, bantuan puluhan juta dari PT Semen Padang ini, akan digunakan untuk mendukung seluruh kegiatan Semarak Ramadan yang merupakan, program rutin Forum Pampangan Nan XX setiap bulan Ramadan.

"Ada tiga kegiatan Semarak Ramadan yang rutin digelar sejak Forum Pampangan Nan XX, didirikan oleh PT Semen Padang pada tahun 2017 lalu," kata Edison Hasan usai penyerahan dana bantuan Semarak Ramadan dari Semen Padang.

Ketiga kegiatan itu, katanya menjelaskan, yaitu penyerahan bantuan paket lebaran untuk 340 Rumah Tangga Miskin (RTM). Paket tersebut terdiri dari minyak goreng, roti, gula dan tepung. "Total anggarannya Rp17 juta," ujarnya.

Kemudian untuk kegiatan Pesantren Ramadan yang digelar di 7 masjid dan 8 musala di Kelurahan Pampangan Nan XX. Masing-masing masjid yang melaksanakan Pesantren Ramadan, sebut Edison, diberikan bantuan Rp1,5 juta dan musala Rp1 juta.

"Selain bantuan paket lebaran dan Pesantren Ramadan, juga ada kegiatan buka puasa bersama antara pengurus forum dengan seluruh stakeholder di Pampangan Nan XX. Untuk buka bersama ini, semen Padang mengucurkan anggaran Rp3 juta," terang Edison.

"Buka puasa bersama dengan seluruh stakeholder itu kami gelar, selain untuk meningkatkan silahturahmi, juga bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai ukhuwah islamiyah di bulan suci Ramadan," imbuhnya.

Edison mengajak masyarakat Pampangan Nan XX, untuk terus bersykur dan bangga menjadi bagian dari masyarakat lingkungan PT Semen Padang, karena menurutnya, perusahaan semen kebangaan masyarakat Sumbar ini, terus menujukkan komitmennya untuk peduli terhadap masyarakat lingkungan.

"Untuk itu, mari kita doakan PT Semen Padang menjadi perusahaan semen terbesar di Indonesia, sehingga memberikan kontribusi yang lebih besar lagi bagi masyarakat lingkungan melalui berbagai program-programnya," ungkap Edison.

Sementara itu, Staf CSR PT Semen Padang, Subrianto mengatakan bahwa bantuan untuk kegiatan Semarak Ramadan ini, merupakan bagian dari tanggungjawab perusahaan terhadap masyarakat lingkungan yang diwujudkan melalui program Basinergi Mambangun Nagari (BMN).

Ada empat pilar dari program BMN tersebut, yaitu Semen Padang Paduli Nagari, semen Padang Campin Nagari, Semen Padang Elok Nagari dan Semen Padang Pandai Nagari. "Semarak Ramadan ini, merupakan bagian dari pilar Semen Padang Pandai Nagari," katanya.

Subrianto berharap melalui bantuan tersebut, seluruh rangkaian kegiatan Semarak Ramadan di Kelurahan Pampangan Nan XX dapat berjalan lancar, sesuai dengan ekspektasi PT Semen Padang, khususnya bagian Unit CSR perusahaan.

"Manfaatkanlah dana bantuan ini sebaik-baiknya. Semoga, kegiatan semarak Ramadan bisa berjalan lancar sesuai dengan harapan kami di PT Semen Padang, termasuk masyarakat Pampangan sendiri," pungkasnya.(*)

Penulis: Riki S