Semen Padang Bantu 4.200 Sak Semen, Masyarakat: Goro Pengecoran Jalan Karang-Bancah Terlama di Dunia

"Setiap goro, kami selalu makan bersama di lokasi goro, yang masak para ibu-ibu rumah tangga di Koto Baru. Jadi, ibu-ibu di daerah ini juga turut terlibat dalam pengecoran jalan ini"
Masyarakat Koto Baru, Kelurahan Limau Manis selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang, bergotongroyong melakukan pengecoran jalan Karang-Bancah, Minggu, 23 Juni 2019 (riki s)

PADANG, KLIKPOSITIF - Masyarakat Koto Baru, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang, mengklaim gotoroyong (Goro) pengecoran jalan sepanjang 3,2 kilometer dari Karang menuju Bancah, merupakan goro terlama di dunia.

"Goro yang kami lakukan ini bisa dikatakan terlama di dunia, karena telah dimulai sejak 14 Januari 2018 dan sampai saat ini, goro tersebut masih berlangsung," kata Ketua Panitia Pengecoran Jalan, Syafrial Aras, di lokasi goro, Minggu, 23 Juni 2019.

Goro pengecoran jalan dari Karang menuju Bancah itu, katanya melanjutkan, dilakukan setiap hari minggu dengan melibatkan tenaga swadaya dari masyarakat, Koramil 05/Pauh Kodim 0312 Padang dan Pemuda Pancasila.

"Setiap goro, kami selalu makan bersama di lokasi goro, yang masak para ibu-ibu rumah tangga di Koto Baru. Jadi, ibu-ibu di daerah ini juga turut terlibat dalam pengecoran jalan ini," ujarnya.

Hingga kini, lanjutnya, pengecoran jalan dari Karang menuju Bancah sudah mencapai 95 persen dengan nilai pekerjaan mencapai Rp893 juta lebih. Nilai tersebut, terdiri tenaga kerja swadaya, dan material pengecoran jalan berupa semen, pasir dan kerikil.

"Kalau dibangun menggunkan APBD atau APBN, maka nilainya mungkin sudah miliaran rupiah," ungkap Syafril.

Syafril pun merunci penggunaan material untuk pengecoran jalan sepanjang 3 kilometer lebih itu. Untuk semen, katanya, jumlah yang telah digunakan mencapai 4.200 sak semen. Kemudian pasir dan kerikil sebanyak 1900 kubik,

"Untuk semen, semuanya merupakan bantuan dari PT Semen Padang melalui CSR perusahaan. Kemudian pasir dan kerikil, bantuan dari CV Gunung Nago yang merupakan perusahaan peternakan ayam petelur di Koto Baru ini," bebernya.

Selain bantuan material, juga ada bantuan berupa uang tunai sebesar Rp10 juta dari PDAM Kota Padang. "Alhamdulillah, semua bantuan yang mengalir untuk pengecoran jalan ini, termasuk dari Semen Padang dan Gunung Nago, itu sangat kami ... Baca halaman selanjutnya