Peserta Anniversarun Sudah 722 Orang, Jadwal Pendaftaran untuk Offline Masih Dibuka Hingga Hari Ini

Salah seorang peserta Anniversarun PT Semen Padang dari TNI AL tengah melihat peta rute jalur lomba lari yang dipajang panitia di halaman GSG Semen Padang, Sabtu, 6 Juli 2019
Salah seorang peserta Anniversarun PT Semen Padang dari TNI AL tengah melihat peta rute jalur lomba lari yang dipajang panitia di halaman GSG Semen Padang, Sabtu, 6 Juli 2019 (riki)

PADANG, KLIKPOSITIF - Panitia Anniversarun 2019 PT Semen Padang mencatat jumlah peserta yang telah mendaftar hingga Sabtu, 6 Juli 2019 siang pukul 12.00 WIB mencapai 722 orang.

Jumlah peserta lomba lari tingak nasional yang ditaja perusahaan semen plat merah itu, akan terus bertambah, karena jadwal pendaftaran untuk offline masih dibuka hingga hari ini.

baca juga: Semen Padang Sosialisasikan Protokol The New Normal pada Pemangku Kepentingan

Panitia Anniversarun PT Semen Padang , Fernanda Eka Putra mengatakan, 722 orang peserta itu terdiri 382 orang peserta untuk jarak 6,1K umum putra dan putri. Sedangkan sisanya merupakan peserta dengan jarak 10,9K.

”Untuk jarak 109K, terdapat tiga kategori. Umum putra dan putri sebanyak 204 orang, pelajar putra dan putri 64 orang dan untuk kategori master putra dan putri 72 orang,”katanya saat teknikal meating Anniversarun 2019 PT Semen Padang di Gedung Serba Guna (GSG) Semen Padang , Sabtu siang.

baca juga: SSB Semen Padang Serahkan Bansos Dampak Covid 19 dari APSSI

Disebutkannya, para peserta nantinya akan memperebutkan total hadiah uang tunai sebesar Rp41 juta. Kemudian untuk semakin memeriahkan Anniversarun , panitia juga mengadirkan seorang Guest Star, yaitu Eni Rosita.

“Eni Rosita ini merupakan peraih podium satu pada ajang Tambora Chalenge untuk kategori 320K Female tahun 2017, 2018 dan 2019,” ujarnya.

baca juga: Terkait COVID-19, Semen Padang Tiadakan Salat Idul Fitri di Plaza Kantor Pusatnya

Race Director Anniversarun 2019 PT Semen Padang , Aulia Putra, menuturkan bahwa pihaknya telah menyiapkan rute lari untuk para peserta dengan rincian, yaitu untuk kategori 6,1 K yang dimulai dari Kantor Pusat PT Semen Padang -Bukit Atas-Lapangan Golf-dan kembali finish di Kantor Pusat PT Semen Padang .

Kemudian untuk kategori 10,9 K dengan rute dari Kantor Pusat PT Semen Padang -Bukit Atas-Padayo-Goa Kelelawar-kembali ke Padayo dan terus ke Lapangan Golf dan finish di Kantor Pusat PT Semen Padang .

baca juga: Anjangsana ke Panti Sosial Anak Asuh Lubuk Kilangan, Semen Padang Serahkan Tali Asih

“Goa Kelelawar dijadikan bagian dari rute Anniversarun , karena destinasi wisata di Indarung ini belum banyak diketahui orang, dan kami ingin memperkenalkan kepada peserta bahwa di Indarung ini ada Goa Kelelawar yang masih eksotik,”katanya.

Aulia juga memaparkan waktu star bagi peserta. Untuk kategori 10,9K dimulai pukul 06.30 WIB dan kategori 6,1K pukul 06.40 WIB. Sedangkan untuk batas waktu lomba kategori 6,1K 2 jam 30 menit dan 10,9K 1 jam 30 menit.

“Semua peserta harus berkumpul di lokasi perlombaan satu jam sebelum pelombaan dimulai. Waktu berkumpul yang disarankan pukul 05.00 WIB. Peserta yang terlambat akan didiskualifikasidi tempat,”ujarnya.

Untuk peraturannya, Aulia menuturkan bahwa peserta harus WNI, dan setiap peserta harus mampu menyelesaikan jarak yang ditentukan dari garis start ke garis finish dalam batas waktu yang telah ditentukan.

Peserta juga diwajibkan mempelejari dan mengikuti jalur lomba dengan benar. Kemudian peserta yang  tidak berlari di jalur yang benar  dapat didiskualifikasi atau tidak tercatat waktu tempuhnya.

Para peserta menggunakan jersey lomba atau berpakaian sopan dan wajib memasang atau mengenakan nomor BIB dengan benar dan lengkap. “Bagi yang tidak mengenakan atau memasang BIB dengan lengkap dan benar, dinyatakan didiskualifikasi atau keluar dari perlombaan oleh Race Director,” ujarnya.

Peserta, sebutnya, juga diwajibkan mencantumkan kondisi kesehatan yang sebenarnya dan dianggap dapat membahayakan diri peserta. Kemudian khusus peserta kategori master, disarankan untuk meminta saran medis dari dokter jika peserta ragu terhadap kondisi kesehatannya sebelum ikut perlombaan.

“Peraturan lainnya, yaitu peserta dilarang menginjak rumput lapangan golf di luar jalur yang ditetapkan dan mengikuti rute perlombaan yang telah ditentukan,” ujarnya.

Tampilan Musik dan Stand Makanan

Kegiatan Anniversarun 2019 PT Semen Padang ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dan penampilan bintang tamu yang tak kalah seru.

Koordinator acara, Edi Fahrizal mengatakan kegiatan nantinya akan dimeriahkan dengan berbagai penampilan musik dan stand makanan serta sponsor.

"Nantinya kegiatan akan dimulai dengan senam bersama pada pukul 06.00 WIB, kemudian baru dilanjutkan dengan start pada pukul 06.30 WIB untuk 10,9K dan start pukul 06.40 WIB untuk 6,1K. Anniversarun ini juga memperebutkan Piala Kapolda Sumbar untuk kategori 10.9K master," katanya.

Ia mengatakan untuk penampilan musik akan dimeriahkan oleh Semen Padang Band dan Naga Band dari Bank Nagari. "Selain itu, nantinya juga ada sharing dari Eni Rosita soal kegiatan ini," jelasnya.

Selain itu, di plaza kantor pusat PT Semen Padang juga akan ada beberapa stand dari sponsor, yakni Bank Nagari, Bank Mandiri, Gallery Balanjo CSR Semen Padang , Semen Padang Hospital (SPH) dan Semen Indonesia.

"Sehingga nantinya peserta juga tidak hanya mengikuti kegiatan Anniversarun , namun juga bisa menikmati berbagai kegiatan yang disajikan pada Minggu, 7 Juli 2019," tuturnya.

”Dalam kegiatan itu juga akan hadir berbagai tamu undangan, seperti Gubernur Sumatera Barat, Kapolda Sumbar, Walikota Padang, Kejari, Lantamal, dan para undangan lainnya.” imbuh Edi Fahrizal.

Sementara itu, Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang , Nur Anita rahmawati mengatakan bahwa ivent lomba lari Anniversarun ini merupakan rangkaian memperingati HUT ke-61 Pengambilalihan Pabrik (nasionalisasi) dari tangan Belanda.

Selain Anniversarun , juga digelar kegiatan  Khitanan Massal yang telah dilaksanakan pada Rabu, 3 Juli 2019 di Semen Padang Hospital. Jumlah pesertanya sebanyak 250 anak dari keluarga tidak mampu di lingkungan perusahaan.

“Kegiatan Khitanan Massal itu merupakan program CSR Semen Padang yang dilaksanakan rutin setiap tahun, dan kegiatan tersebut bekerjasama dengan Semen Padang Hospital, UPZ SP dan FKIKSP,” bebernya. 

Kemudian, lanjutnya, juga ada kegiatan penyerahan penghargaan Kesetiaan Kerja 10,20 dan 25 tahun pada karyawan/ti Semen Padang yang telah dilaksanakan pada Kamism, 4 Juli 2019 di GSG Semen Padang .

Total Jumlah karyawan yang menerima penghargaan 593 orang dengan perincian, 10 tahun sebanyak 202 orang, 20 tahun, 380 orang, dan penghargaan Kesetiaan Kerja 25 tahun kepada 11 orang. 

Selanjutnya, upacara yang dilaksanakan pada Jumat, 05 Juli 2019 dengan peserta Komisaris, Direksi Semen Padang , karyawan/karyawati, serta Anak Perusahaan dan Lembaga Penunjang, pengurus dan anggota FKIKSP. Pada upacara, juga dibacakan karyawan Teladan Semen Padang tahun 2019, serta melepas balon berhadiah semen sejumlah 3 x 30 zak semen.

Selain itu, juga dilaksanakan kegiatan Pemilihan Karyawan Teladan, dengan jumlah penerima sebanyak 20 orang.Kriteria penilaian untuk Karyawan Teladan berupa tes tertulis, wawancara dan survey (untuk eselon 5), Nilai Presensi, KPI, masa kerja dan usia. Dan, kepada para Karyawan Teladan akan diberikan apresiasi berupa uang tunai senilai biaya melaksanakan ibadah haji.

Kegiatan lainnya adalah, peresmian Monumen Lori pada Jumat, 5 Juli 2019. Monumen lori ini sebagai salah satu Landmark di PT Semen Padang . Monumen Lori terdiri atas: Lori pengangkut Batu kapur dan silika, Lori Pengangkut Pelumas dan Lori Orang.

Selanjutnya Penanaman Pohon di kawasan bekas tambang batu kapyur yang telah dilaksanakan pada Jumat, 5 Juli 2019. Jenis pohon yang ditanam, mahoni, surian dan pohon indarung.

“Jumlah yang akan ditanam 77.000 di lahan seluas 45 Ha sebagai kegiatan reklamasi tambang. Penanaman dilakukan secara bertahap sampai dengan tahun 2038,” pungkas Anita.(*)

Penulis: Riki S