Ramah Lingkungan, Dinas PUPR Promosikan Porous Concret Produksi Semen Padang ke Pengembang

Kadis PUPR Kota Padang, Yenni Yuliza, menyaksikan proses penyerapan air oleh porous concrte di areal parkir Club House PT Semen Padang
Kadis PUPR Kota Padang, Yenni Yuliza, menyaksikan proses penyerapan air oleh porous concrte di areal parkir Club House PT Semen Padang (Riki S)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Kota Padang mengapresiasi PT Semen Padang yang telah memproduksi Porous Concret. Bahkan Dinas PUPR di Ibu Kota Provinsi Sumbar tersebut, akan memanfaatkan produk baru dari PT Semen Padang itu untuk pekerjaan fisik seperti pembangunan drainase dan taman-taman kota.

"Porous Concret ini sangat bagus untuk kawasan perkotaan, seperti pembuatan drainase dan taman kota. Untuk itu, kami akan mempromosikan produk baru Semen Padang ini kepada developer perumahan, maupun industri," kata Kadis PUPR Kota Padang, Yenni Yuliza, saat kunjungan ke Club House PT Semen Padang, Jumat, 19 Juli 2019 sore.

Selain Yenni, dalam kunjungan tersebut, turut hadir Camat Lubuk Kilangan, Yalmasril, dan sejumlah Lurah di lingkungan Kecamatan Lubuk Kilangan. Bahkan, Yenni Yuliza bersama rombongan, juga menyaksikan contoh Porous Concrte yang telah dimanfaatkan PT Semen Padang untuk areal parkir Club House.

Baca Juga

Dinas PUPR Kota Padang tertarik untuk mempromosikan Porouse Concrte ini, kata Yenni melanjutkan, karena merupakan sebuah inovasi ramah lingkungan yang diproduksi PT Semen Padang, dan Porous Concrte ini dapat mengatasi terjadinya genangan air dan banjir.

Ia juga menyebut bahwa selain mempromosikan Porous Concrte kepada developer dan industri, Dinas PUPR Kota Padang juga akan mendorong pihak kelurahan-kelurahan di Kota Padang yang akan memanfaatkan Dana Alokasi Umum (DAU) untuk pembangunan sarana dan prasana lingkungan.

"Di Padang ini ada 104 kelurahan yang akan memanfaatkan dana DAU untuk pembangunan sarana dan prasarana lingkungan. Kami dari PUPR, juga akan mendorong agar pihak kelurahaan memanfaatkan Porous Concrte ini untuk membangun fasilitas lingkungan," imbuhnya.

Namun sebelumnya, kata Yenni menambahkan, PT Semen Padang diharapkan untuk segera mengurus lisensi Porous Concrte ke Kementerian PUPR."Porous Concrte ini kan produk baru, jadi kami sarankan agar PT Semen Padang segera mengurus lisensinya. Kalau sudah ada, maka Purous Concrte ini bisa dipasarkan secara nasional," tuturnya.

Terkait lisensi Porous Concrete, Kepala Unit Inkubasi Bisnis Non Semen PT Semen Padang, Dorce Yunisram mengatakan bahwa saat ini, pengurusan lisensi Porous Concrte sedang dalam proses. Ia berharap, Kementerian PUPR bisa mengeluarkan lisensi tersebut.

"Kalau sudah keluar lisensinya, tentu proses promosi dan pemasaran Porous Concrte ini akan semakin mudah. Kami di Semen Padang, tentunya berharap agar Pemko Padang terus ikut mendukung dan mempromosikan Porous Concrte ini kepada pihak manapun," katanya.

Porous Concrte ini, jelasnya, memiliki dua produk, yaitu dalam bentuk konblok dan pengecoran. Bahkan, Porous Concrte ini memiliki kekuatan tekan beton hingga K175 dan mampu menahan beban truk dengan berat 20 ton. "Jadi, kalau untuk areal parkir dan taman kota, Porous Concrte ini sangat cocok sekali digunakan," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Walikota Padang Hendri Septa yang datang berkunjung ke Club House PT Semen Padang pada 25 Juni lalu, mengaku kagum melihat porous concrte yang diproduksi PT Semen Padang. Bahkan, politisi PAN tersebut, mengaku bahwa Pemko Padang, akan segera memanfaatkan beton berpori tersebut di beberapa lokasi rawan banjir di Kota Padang.

"Porouse Concrte ini bisa menyerap air hujan. Untuk itu, kami di Pemko Padang akan memanfaatkan produk baru dari PT Semen Padang ini untuk kawasan-kawasan rawan banjir di Kota Padang, sehingga jika hujan lebat, air yang turun bisa langsung diserapnya dan masuk ke tanah, karena betonnya ini berpori," katanya dalam kunjungan tersebut.(*)

Penulis: Riki S