Naila Labibah, Siswi MTs Luki Binaan PT Semen Padang Lolos KSM Provinsi

Naila Labibah (14 tahun), siswi MTs Luki yang lolos KSM Provinsi
Naila Labibah (14 tahun), siswi MTs Luki yang lolos KSM Provinsi (Ist)

KLIKPOSITIF - Salah seorang siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Lubuk Kilangan (Luki) Naila Labibah (14 tahun) lolos pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Provinsi Sumbar pada Mata Pelajaran IPA untuk mewakili Kota Padang. Ia menjadi satu-satunya pelajar dari MTs Swasta yang berhasil masuk dalam penilaian tiga besar untuk mengikuti tahap KSM selanjutnya.

Kepala MTs Luki Zulmaidi SHi, MA mengungkapkan, suatu kebanggaan begitu mengetahui bahwa salah satu dari muridnya dapat mewakili Kota Padang pada ajang bergengsi seperti olimpiade KSM Provinsi tersebut.

"Sebenarnya pada saat uji kompetensi untuk mewakili MTs Luki, kami mengirim 3 orang siswa, namun 2 siswa lainnya hanya masuk dalam posisi 10 besar, sementara Naila menjadi satu-satunya perwakilan kita yang masuk 3 besar untuk bisa ikut KSM Provinsi pada 15 Agustus di MAN 2 Padang dan MTsN Model Padang," ujar Zulmaidi saat dihubungi via telepon genggam.

Baca Juga

Prestasi Naila tersebut lanjutnya, menjadi buah manis sendiri untuk MTs Luki yang baru berdiri sejak 2017 lalu. Sekolah yang berada di bawah naungan Kementrian Agama ini semenjak awal berdiri banyak dibantu oleh PT Semen Padang.

"Untuk kegiatan operasional kita memang dibantu melalui dana CSR Semen Padang, sementara untuk pemenuhan perlengkapan sekolah seperti buku pelajaran, meja, kursi dan keperluan lainnya didanai oleh UPZ Semen Padang. Namun kita juga ada menerima bantuan lain dari instansi yang tidak mengikat," ujar pria yang akrab disapa Zul ini.

Dijelaskannya, pelajar yang berada di MTs Luki mendapat beasiswa selama menempuh pendidikan. Namun mereka yang ingin masuk ke MTs Luki haruslah dari pelajar yang berprestasi pada bidang Agama, seni budaya atau Agama dan mendapat surat keterangan tidak mampu dari kelurahan.

Naila merupakan anak nagari Luki asal kecamatan Indarung juga merupakan siswi angkatan kedua di MTs Luki. Ia saat ini berada di kelas VIII (delapan) dan berbakat di bidang sains.

"Hal ini juga berkat kerja keras dari guru-guru di MTs Luki yang selalu berusaha untuk menyesuaikan kebutuhan pendidikan pelajar di sekolah dengan standar yang telah ada. Selain itu, saya pribadi juga senantiasa mendorong guru-guru agar mandiri dan percaya diri serta mengikuti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) agar tidak ketinggalan dengan sekolah lainnya," katanya.

Ia mengharapkan agar Naila nantinya dapat lolos mengikuti KSM tingkat Nasional yang akan digelar di Manado. Oleh karena itu, pihak MTs Luki akan bekerja keras dengan melakukan pemantapan agar Naila nantinya dapat lolos ke tahap tersebut.

"Nantinya Naila akan mendapat bimbingan dari guru-guru yang menyediakan kisi-kisi dan soal tes agar dia lebih siap bersaing di tes tahap selanjutnya," kata Zul.

Selain itu, Zul juga menyampaikan rasa terima kasih kepada PT Semen Padang atas bantuan yang selama ini diberikan kepada MTs Luki baik itu dari bantuak materi dan materiil.

"Jika bantuan dari PT Semen Padang tidak ada, kita juga tidak tahu apakah bisa sampai sejauh ini," ungkapnya.(*)

Penulis: Khadijah