Semen Padang Berdayakan Ibu PKK Indarung Lewat Pelatihan Tata Boga

Peserta pelatihan tata boga ibu PKK Indarung foto bersama dengan jajaran CSR Semen Padang dan Forum Nagari Indarung usai penutipan pelatihan tata boga di Sekretariat Forum Nagari Indarung
Peserta pelatihan tata boga ibu PKK Indarung foto bersama dengan jajaran CSR Semen Padang dan Forum Nagari Indarung usai penutipan pelatihan tata boga di Sekretariat Forum Nagari Indarung (Peserta pelatihan tata boga foto bersama dengan pengurus Forum Nagari Indarung dan CSR Semen Padang)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Unit CSR Semen Padang Muhamad Ikrar, optimis pelatihan tata boga yang digelar Forum Nagari Indarung , Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, bakal mampu meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya ibu-ibu PKK peserta pelatihan tata boga .

Apalagi, kata Ikrar, karakteristik Indarung pada umumnya banyak terdapat pelaku bisnis, dan secara topografi, Indarung berada di jalur lintas Padang-Solok. "Potensi ini harus dimanfaatkan," katanya saat acara penutupan pelatihan tata boga di Sekretariat Forum Nagari Indarung , Kamis, 8 Agustus 2019.

baca juga: Semen Padang Sosialisasikan Protokol The New Normal pada Pemangku Kepentingan

Acara penutupan tata boga yang digelar sejak 6-8 Agustus itu juga dihadiri Lurah Indarung , Syaril beserta staf kelurahan, Kepala Bidang Bina Lingkungan CSR Semen Padang Masykur Rauf Staf Bina Lingkungan CSR Semen Padang Subrianto, dan pengurus Forum Nagari Indarung .

Selain berada di jalur lintas Padang-Solok, keberadaan Semen Padang Group di Indarung , sebut Ikrar, juga menjadi potensi bagi usaha tata boga ini. "Kue ini punya segmen pasar yang bagus. Di sini ada Semen Padang Group, dan penjualan kentengan seperti ke sekolah-sekolah juga bisa dimanfaatkan," ujarnya.

baca juga: SSB Semen Padang Serahkan Bansos Dampak Covid 19 dari APSSI

Semen Padang melalui CSR perusahaan, lanjutnya, akan mendukung usaha tata boga ini, dan ia pun menyarankan agar ibu-ibu tata boga harus majubbersama melalui suatu kelompok. Namun, kata Ikrar melanjutkan, ibu-ibu tata boga ini ke depannya harus punya konsep

"Forum Nagari Indarung diharapkan ikut serta mengkonsep bagaimana usaha tata boga ini ke depan bisa berkembang. Ini tugas kita bersama. Kepada forum, kami di CSR Semen Padang berharap pembinaan tata boga ini terus berlanjut," bebernya.

baca juga: Terkait COVID-19, Semen Padang Tiadakan Salat Idul Fitri di Plaza Kantor Pusatnya

"Ini jadi PR kita bersama. PR nya adalah setelah ini kita mau jadi apa? Kami di CSR berharap agar ibu-ibu tetap semangat," imbuh Ikrar disambut tepuk tangan peserta pelatihan tata boga .

Ketua Forum Nagari Indarung Dharmansyah Siroen menyebut pelatihan tata boga ini merupakan bagian dari program Basinergi Mambangun Nagari (BMN) dari CSR Semen Padang . Pelatihan ini diikuti oleh 17 ibu-ibu PKK di Kelurahan Indarung dengan melibatkan Pusat Pelatihan Asyifa sebagai pelati tata boga .

baca juga: Anjangsana ke Panti Sosial Anak Asuh Lubuk Kilangan, Semen Padang Serahkan Tali Asih

"Untuk biaya pelatihannya, Semen Padang melalui CSR perusahaan mengalokasikan anggaran Rp14 juta. Biaya tersebut digunakan untuk pelatihan seperti honor pemateri, pembelian peralatan dan bahan kue untuk pelatihan," katanya.

Pelatih tata boga Safridiyanti menyebut tak ada kesulitan bagi dirinya dalam memberikan pelatihan kepada peserta, apalagi adanya dukungan dari Forum Nagari Indarung dan Semen Padang , juga menjadi penyemangat dan motivasi bagi peserta untuk maju dan berkembang.

"Pelatihan tata boga ini meliputi berbagai jenis cake, seperti cake coklat, pisang dan lainnya. Kemudian juga ada pembuatan kue kering seperti siput dan ulat, bakpau, kue kukus, pizza mini, tahu fantasi dan roti boy. Saya melihat, para peserta begitu antusias mengikuti pelatihan tata boga ini," katanya.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan tata boga bernama Nonda Handayani mengaku bersyukur bisa mengikuti pelatihan tata boga ini, apalagi selain diberikan pelatihan secara gratis, para peserta juga dimbing oleh forum dan Semen Padang untuk pengembangan usaha tata boga .

"Alhamdulillah, saya bersyukur bisa mengikuti pelatihan ini, apalagi melalui pelatihan ini, tentunya akan dapat menanbah pemasukan untuk keluarga. Saya berharap pembinaan dari Semen Padang dan Forum Nagari Indarung terus dilanjutkan," katanya.(*)

Penulis: Riki S