Pohon Produktif yang Ditanam Korem-Semen Padang di Bekas Tambang Alami Kemajuan

"Sejak pohon ini ditanam hingga sekarang, bagi saya pribadi dan Korem ini ada progresnya, karena ada perubahan pada struktur tanah, dan perubahan itu yang mungkin akan menjadikan lahan ini menjadi produktif"
Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arif Wibowo (tiga dari kiri) meninjau kondisi pohon yang ditanam di kawasan reklamasi bekas areal tambang batu kapur PT Semen Padang, Rabu (21/8) (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Upaya Korem 032/Wirabraja untuk mengembalikan bekas lahan tambang PT Semen Padang menjadi lahan produktif dengan menggunakan pupuk organik Bios 44 mulai terwujud. Bahkan upaya tersebut, ditandai dengan berkembangnya pohon produktif yang ditanam di areal bekas tambang batu kapur pada 5 Juli kemarin.

"Sejak pohon ini ditanam hingga sekarang, bagi saya pribadi dan Korem ini ada progresnya, karena ada perubahan pada struktur tanah, dan perubahan itu yang mungkin akan menjadikan lahan ini menjadi produktif," kata Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arif Wibowo saat meninjau perkembangan puluhan pohon yang ditanam di kawasan reklamasi bekas lahan tambang PT semen Padang, Rabu (21/8) siang.

Selain Danrem, dalam peninjauan tersebut juga hadir Kasrem 032/Wirabraja Kolonel Inf. Edi Nurhabat, Kasi Intel Kolonel Kav Mukmin, Kasipers Kolonel Inf. Jajang Kurniawan, Kasiter Kolonel Inf. Budi Prasetyo, dan Kasiren Kolonel Inf Antonius Totokcrisserta, dan Letkol Arh Nova Mahanes Yudha. Kemudian dari pihak PT Semen Padang, hadir Kepala Departemen Tambang Amral Ahmad, Kepala Unit Operasi Tambang Hendri Priparis dan Staf Humas Ardiansyah.

Menurut Kunto, dari konservasi yang dilakukan sejak pohon ini ditanam hingga sekarang, terlihat bahwa persentase keberhasilannya mencapai 50 persen, dan itu dapat dilihat dari adanya sejumlah batang pohon yang mengalami keguguran daun dan meninggalkan batangnya yang kemudian mati, dan tumbuh kembali.

"Jadi menurut saya pribadi, persentase keberhasilannya ini ada 50 persen, karena pohon yang mungkin mati tadi itu, akhirnya mengeluarkan tunas. Artinya, ini kan hidup dia. Asupan kebutuhan yang ada di dalam tanah ini haranya bisa menjawab kebutuhan pohon secara teknisnya," ujar putra mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno itu.

Untuk memaksimalkan upaya pengembalian lahan bekas tambang batu kapur menjadi produktif, jenderal bintang satu ini menyebut bahwa pihaknya, akan ... Baca halaman selanjutnya