Ratusan Warga Baringin-Tarantang Kekeringan, Semen Padang Distribusikan Air Bersih

"Ada dua truk tangki air yang kami kerahkan, satu di tempatkan di Baringin dan satu di Tarantang. Untuk mendistribusikan air bersih dari truk tangki ke rumah-rumah warga, kami melibatkan TRC Semen Padang"
Relawan TRC Semen Padang tengah melakukan pengisian air bersih untuk warga Baringin yang terdampak kekeringan sejak satu pekan terakhir ini

PADANG, KLIKPOSITIF - Ratusan warga yang bermukim di Kelurahan Baringin dan Kelurahan Tarantang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang mengalami alami kekeringin sejak satu minggu belakangan. Kekeringan ini disebabkan karena Pamsimas dan sumur warga di dua kelurahan tersebut mengalami kekeringan sejam musim kemarau.

Merespons bencana kekeringan tersebut, PT Semen Padang melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang pada Rabu, 21 Agustus 2019, menyalurkan bantuan air bersih dengan mengerahkan dua unit truk tanki ke kawasan tersebut.

"Ada dua truk tangki air yang kami kerahkan, satu di tempatkan di Baringin dan satu di Tarantang. Untuk mendistribusikan air bersih dari truk tangki ke rumah-rumah warga, kami melibatkan TRC Semen Padang," kata Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati, Rabu (21/8/2019).

Bantuan air bersih untuk Baringin dan Tarantang ini, lanjutnya, merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap nasib yang menimpa warga di dua kelurahan tersebut, apalagi kedua kelurahan itu juga bagian dari lingkungan perusahaan PT Semen Padang.

"Mudah-mudahan bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, baik untuk mandi, mencuci dan lain sebagainya. Saya mewakili manajemen perusahaan, turut prihatin atas bencana kekeringan yang menimpa masyarakat Baringin dan Tarantang," kata Anita.

Bencana kekeringan yang dialami oleh masyarakat Tarantang dan Baringin, lanjutnya, tidak kali ini saja terjadi. "Tahun lalu, dua kelurahan ini juga mengalami kekeringan, dan PT Semen Padang melalui TRC, juga hadir untuk mendistribusikan bantuan air bersih," imbuhnya.

Ketua Forum Nagari Baringin Yunizal mengatakan bahwa Baringin merupakan daerah paling parah terdampak kekeringan di bandingkan Kelurahan Tarantang. Bahkan dari pendataan yang dilakukan, jumlah masyarakat yang terdampak kekeringan mencapai 100 KK atau 450 jiwa.

"Baringin merupakan daerah rawan ... Baca halaman selanjutnya