CSR Semen Padang Salurkan Bantuan Sembako untuk Korban Kebakaran

Penyerahan bantuan sembako kepada korban kebakaran di kelurahan Limau Manis Selatan, Selasa (3/9)
Penyerahan bantuan sembako kepada korban kebakaran di kelurahan Limau Manis Selatan, Selasa (3/9) (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - PT Semen Padang melalui program CSR menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat lingkungan yang tertimpa berbagai musibah. Seperti musibah kebakaran yang menimpa warga Kelurahan Limau Manis Selatan, Selasa (3/9/2019).

Staf CSR Semen Padang Yaldi mengatakan, kebakaran menimpa rumah yang dihuni pasangan Sutrisno dan Wiketin Suriati Selasa, sekitar pukul 07.30 WIB. Rumah yang beralamat di Simpang PDAM Gadut RT 01 / RW 02 Kelurahan Limau Manis Selatan Kecamatan Pauh itu ludes terbakar pada saat penghuni mengantarkan anak ke sekolah.

baca juga: Semen Padang Sosialisasikan Protokol The New Normal pada Pemangku Kepentingan

Dugaan sementara, rumah itu terbakar akibat kompor gas meledak. Dalam musibah itu, tak satupun barang - barang tidak yang bisa diselamatkan.

Atas musibah yang menimpa warga tersebut, CSR Semen Padang menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran Wiketin Suryati sekitar pukul 11.50 WIB. Bantuan yang diberikan berupa beras 3 karung, minyak goreng 1 kardus, 3 rak telur, Indomie 2 kardus dan gula 15 kilogram.

baca juga: SSB Semen Padang Serahkan Bansos Dampak Covid 19 dari APSSI

Secara keseluruhan kata Yaldi, nominal bantuan yang disalurkan itu berjumlah Rp2,4 Juta.

Sementara itu, sore harinya CSR menyerahkan bantuan tahap dua berupa atap seng sebanyak 7 kodi pada korban kebakaran yang terjadi pada 16 Juli 2019 lalu di Kelurahan Padang Besi.

baca juga: Terkait COVID-19, Semen Padang Tiadakan Salat Idul Fitri di Plaza Kantor Pusatnya

Pada kebakaran tersebut, tiga unit rumah di Jalan Simpang Mutiara, RT 01 / RW 03 Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, ludes terbakar yang terjadi dini hari sekitar pukul 01.35 WIB.

Saat kebakaran tersebut, ada empat unit armada Damkar yang diturunkan untuk memadamkan api. Satu diantaranya berasal dari PT Semen Padang , dan sisanya merupakan armada dari Damkar Kota Padang.

baca juga: Anjangsana ke Panti Sosial Anak Asuh Lubuk Kilangan, Semen Padang Serahkan Tali Asih

Informasi dari beberapa warga, kebakaran itu dipicu oleh terbakarnya satu unit sepeda motor yang ada dalam rumah tersebut.

Yardi mengungkapkan bahwa bantuan satu berupa sembako telah diserahkan CSR siang harinya di hari yang sama usai peristiwa itu terjadi.

Bantuan tahap dua itu diterima oleh masing-masing Kepala Keluarga korban kebakaran dengan rincian R. Madi (40) 3 kodi atap seng, Mardi Nofa (49) 2 kodi atap seng dan Wardi (47) 2 kodi atap seng.

Untuk bantuan tahap dua itu, secara keseluruhan nominal bantuan yang diserahkan yaitu Rp6,7 Juta.

"Bantuan itu merupakan bentuk kepedulian PT Semen Padang yang diserahkan CSR kepada masyarakat yang berada di lingkungan perusahaan kita," kata Yaldi yang didampingi staf lurah Limau Manis Selatan.

Selain itu katanya, CSR juga siap untuk memberikan bantuan tahap dua jika dibutuhkan dan terasa urgent bagi korban bencana.

"Kita memang memiliki komitmen untuk segera menyalurkan bantuan kepada korban bencana, biasanya tidak lebih dari 1x24 jam usai kejadian," katanya.

Ia mengharapkan agar bantuan itu dapat membantu dan meringankan duka yang dialami keluarga korban.(*)

Penulis: Khadijah