Difasilitasi TRC Semen Padang, Pramuka Gudep Padang Gelar Latihan Vertical Rescue

Relawan TRC Semen Padang saat memaparkan materi vertical rescue kepada Gerakan Pramuka Gudep Padang 03.163-03.164 Saka Bhayangkara Mapolda Sumbar di Mako TRC Semen Padang.
Relawan TRC Semen Padang saat memaparkan materi vertical rescue kepada Gerakan Pramuka Gudep Padang 03.163-03.164 Saka Bhayangkara Mapolda Sumbar di Mako TRC Semen Padang. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Gerakan Pramuka Gudep Padang 03.163-03.164 Saka Bhayangkara Mapolda Sumbar menggelar latihan vertical rescue di PT Semen Padang . Difasilitasi oleh Tim Reaksi Cepat ( TRC ) Semen Padang , pelatihan itu digelar selama dua hari, yaitu dari tanggal 7-8 September 2019.

Pembina Putra Gerakan Pramuka Gudep Padang 03.163 - 03.164 Saka Bhayangkara Mapolda Sumbar Hendri Andika Putra mengatakan bahwa pihaknya meminta TRC Semen Padang untuk memfasilitasi pelatihan vertical rescue, karena TRC sendiri memiliki sarana dan prasara serta struktur yang lengkap untuk pelatihan vertical rescue.

baca juga: Semen Padang Sosialisasikan Protokol The New Normal pada Pemangku Kepentingan

"Bagi kami pelatihan vertical rescue ini yang pertama dilakukan di TRC Semen Padang , dan kami berharap pelatihan ini bisa dilakukan secara berkesinambungan, supaya ilmu tentang vertical rescue yang didapat adik-adik kami bisa lebih mantap," katanya saat ditemui di sela-sela pelatihan vertical rescue di Mako TRC Semen Padang , Sabtu sore.

Mewakili Gerakan Pramuka Gudep Padang 03.163 - 03.164 Saka Bhayangkara Mapolda Sumbar, Hendri pun menyampaikan terimakasih kepada TRC dan perusahaan PT Semen Padang yang telah memfasilitasi pelatihan vertical rescue ini. "Terimakasih kepada TRC dan manajemen PT Semen Padang yang telah memfasilitasi kami. Mudah-mudahan sharing ini bisa berlanjut ketahap-tahap selanjutnya," ujar Hendri.

baca juga: SSB Semen Padang Serahkan Bansos Dampak Covid 19 dari APSSI

Wakil Koordinator TRC Semen Padang Sapar mengatakan bahwa pelatihan vertical rescue bagi Pramuka Saka Bahayangkara Mapolda Sumbar diawali dengan pemaparan teori tentang vertical rescue, seperti bagaimana cara memberikan pertolongan dan penyelamatan terhadap korban. Kemudian, dilanjutkan dengan praktek di lapangan.

"Untuk hari pertama ini, teknik yang kami sampaikan assender dan dessender, yaitu naik turun tali. Besok dilanjutkan dengan tambatan dan lowering sistem. Selama pelatihan, adik-adik dari Pramuka Gudep Padang Saka Bahayangkara Mapolda Sumbar ini juga berkemah di halaman Mako TRC . Jumlah pesertanya lebih kurang 60 orang," kata Sapar.

baca juga: Terkait COVID-19, Semen Padang Tiadakan Salat Idul Fitri di Plaza Kantor Pusatnya

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, pelatihan itu diberikan TRC Semen Padang , karena keberadaan TRC Semen Padang adalah untuk memberikan manfaat seluas-luasnya untuk masyarakat. Tidak hanya turun saat ada bencana, tapi juga melakukan giat untuk mitigasi bencana dan berbagi pengetahuan mengenai ilmu-ilmu yang dimiliki relawan TRC Semen Padang .

"Salah satunya adalah berbagi ilmu vertical rescue kepada Gerakan Pramuka Gudep Padang 03.163 - 03.164 Saka Bhayangkara Mapolda Sumbar yang saat ini tengah berlangsung. Kegiatan seperti ini bukan kali pertama, sebelumnya TRC juga memberikan sharing ilmu kepada siswa-siswi SMA, perguruan tinggi maupun komunitas kebencanaan," kata Nur Anita Rahmawati, Sabtu.

baca juga: Anjangsana ke Panti Sosial Anak Asuh Lubuk Kilangan, Semen Padang Serahkan Tali Asih

Selain untuk sharing ilmu, kata Nur Anita melanjutkan, kegiatan ini bagi relawan TRC Semen Padang juga dapat mengasah kemampuan para relawan. "Saya berharap kedepannya TRC semakin memperkuat diri. Baik dalam hal kompetensi, pengalaman dan juga dalam organisasi, sehingga bisa memberikan manfaat yang lebih luas lagi," ujarnya.(*)

Penulis: Riki S