Ricky Elson Sharing Knowledge di Semen Padang, Ini Pesan 'Putra Petir' untuk Insan Semen

"Banyak upaya yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk memenangkan persaingan. Salah satunya dengan melakukan efisiensi di sektor yang paling tinggi memakan biaya, seperti sektor listrik,"

PADANG, KLIKPOSITIF - Teknokrat Indonesia yang ahli dalam teknologi motor penggerak listrik, Ricky Elson pada Rabu (18/9/2019) berkesempatan berbagi pengetahuan dengan insan PT Semen Padang, di Wisma Indarung.

Salah satu pelopor mobil listrik nasional itu menyampaikan bahwa memenangkan persaingan adalah syarat mutlak sebuah perusahaan untuk tetap survive di tengah tengah ketatnya kompetisi.

Hadir pada kesempatan itu ratusan karyawan PT Semen Padang, mahasiswa dan pelajar SMK Semen Padang.

"Banyak upaya yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk memenangkan persaingan. Salah satunya dengan melakukan efisiensi di sektor yang paling tinggi memakan biaya, seperti sektor listrik," kata pria yang dijuluki"Putra Petir" itu.

Ricky mencontohkan, untuk satu elektrik motor komputer saja kalau hidup, maka penggunaan listriknya 1 Watt. Jika sebuah perusahaan ada 450 komputer yang hidup, maka dalam setahun penggunaan listriknya mencapai 4500 MWh.

Tentunya, begitu besar cost yang dikeluarkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan listrik komputer. "Untuk itu, marilah melakukan efisiensi agar perusahaan bisa tetap survive dalam memenangkan persaingan," ajak pria kelahiran Padang yang pernah 14 tahun bermukim di Jepang.

"Jika Anda mampu menaikkan efisiensi elektrik motor walaupun hanya 0,01 persen, maka Anda juga telah menyelamatkan Bumi. Sebab, 4500 MWh itu sama dengan satu gunung batu bara yang digali," kata perancang mobil listrik Selo itu.

Untuk pembangkit, sambung Ricky, maka menghabiskan 60 juta ton batu bara setahun. Angka 60 juta ton batu bara itu juga sama dengan menggali area seluas 90 ribu Ha. "Berapa dunia yang harus dihancurkan untuk itu," imbuhnya.

Dalam sharing knowledge dengan tema "Memenangkan Persaingan dengan Pengelolaan Energi yang Efektif dan Efisien" tersebut, teknokrat lulusan Polytechnic University (PJU) Of Japan itu juga menyampaikan efisiensi tidak hanya dalam penggunaan, ... Baca halaman selanjutnya