Krisis Air Bersih Berkepanjangan, Semen Padang Besok Gelar Sholat Istisqa

"Sholat Istisqa ini dilakukan sebagai bentuk initiatif Semen Padang dalam rangka memanjatkan doa kepada Allah untuk meminta diturunkannya hujan"
(Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kemarau yang berkepanjangan dan musibah kabut asap yang telah mengganggu aktivitas perusahaan dan masyarakat menggerakkan PT Semen Padang untuk menyelenggarakan Sholat Istisqa yang akan digelar di Plaza kantor Pusat Semen Padang pada Rabu, 25 September 2019 pukul 08.00 pagi.

"Sholat Istisqa ini dilakukan sebagai bentuk initiatif Semen Padang dalam rangka memanjatkan doa kepada Allah untuk meminta diturunkannya hujan," ujar Kepala Unit Humas & Kesekretaritan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati pada KLIKPOSITIF.

Imam dan khatib pada Sholat Istiqa tersebut yakni Ustadz M. Ridha Nur, Lc MA dan yang menjadi pembawa acaranya adalah Ustadz Erwin Rasyid, Lc.

Ia mengatakan dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di beberapa beberapa provinsi pulau Sumatera mengakibatkan asap dengan kondisi yang semakin tebal telah sampai ke Sumbar.

Selain itu, kemarau yang belum kunjung usai mengakibatkan sungai Lubuk Peraku sebagai sumber air untuk operasional perusahaan dan juga masyarakat lingkungan sekitar dalam kondisi debit air yang kecil. Sehingga air bersih sulit untuk didapatkan terutama untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Krisis air bersih ini membuat perusahaan melakukan efesiensi air dan sejumlah upaya untuk mencegah kebocoran air di sekitar Semen Padang.

"Melihat kondisi kabut asap dan krisis air bersih saat ini, saya mengajak seluruh karyawan yang sedang tidak bertugas Semen Padang, anak perusahaan dan masyarakat sekitar untuk mengikuti kegiatan sholat istisqa ini," katanya.(*)