Tanamkan Semangat Menulis, SD Bustanul Ulum Canangkan Program Literasi Sekolah

"Saya berharap, pencanangan program literasi di SD Bustanul Ulum ini ke depan bisa membahana di Padang. Kalau bisa, semangat literasi ini berkembang dan berbagai macam karya fiksi maupun non fiksi bisa dilahirlan di sekolah ini"
Kepsek SD Bustanul Ulum Efi Asmanto (kanan) menyerahkan buku karyanya berjudul Kusebut Mereka Serdadu Bintang kepada Kasi Tenaga Teknis Dinas Pendidikan Kota Padang Syamdani

PADANG, KLIKPOSITIF - SD Bustanul Ulum, Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang, yang merupakan sekolah binaan CSR Semen Padang yang berada di bawah Yayasan Igasar Semen Padang, mencanangkan program Literasi Sekolah, Jumat, 11 Oktober 2019.

Dihadiri Wakil Ketua Yayasan Igasar Semen Padang Mawardi dan Kasi Tenaga Teknis Dinas Pendidikan Kota Padang Syamdani, dan tokoh masyarakat Batu Busuk, pencanangan program literasi itu ditandai dengan peluncuran buku 'Kusebut Mereka Serdadu Bintang' karya Efi Asmanto, Kepsek SD Bustanul Ulum.

Mawardi mengatakan program Literasi Sekolah di SD Bustanul Ulum ini dapat memupuk peserta didik dalam mengembangkan potensi diri. Dan ke depan, kata dia, program literasi ini akan diterapkan di seluruh sekolah yang ada di bawah Yayasan Igasar Semen Padang.

"Saat ini baru SD Bustanul Ulum yang secara resmi mencanangkan Literasi Sekolah, tapi secara menyuluruh kami sudah mengirim beberapa guru-guru untuk mengikuti berbagai program literasi yang diadakan Dinas Pendidikan," kata Mawardi di SD Bustanul Ulum.

Kasi Tenaga Teknis Dinas Pendidikan Kota Padang Syamdani menyambut baik pencanangan program Literasi Sekolah di SD Bustanul Ulum, karena budaya menulis dan membaca sudah mulai hilang, padahal Minangkabau sendiri terkenal dengan penulis-penulis hebat yang menjadi tokoh nasional.

Seperti Bung Hatta dan Tan Malaka misalnya. Para tokoh nasional pendiri Bangsa Indonesia ini, terkenal sebagai penulis yang telah meluncurkan karya-karya yang mampu meningkatkan semangat para pejuang untuk meraih kemerdekaan Indonesia.

"Saya berharap, pencanangan program literasi di SD Bustanul Ulum ini ke depan bisa membahana di Padang. Kalau bisa, semangat literasi ini berkembang dan berbagai macam karya fiksi maupun non fiksi bisa dilahirlan di sekolah ini," katanya.

Saat ini, lanjutnya, hampir seluruh sekolah di Kota Padang telah mengiatkan literasi ini karena literasi juga ... Baca halaman selanjutnya