Semen Padang Serahkan 1000 Zak Semen untuk Masjid di Lokasi Galodo Agam

Direktur Operasi PT Semen Padang Firdaus (tengah) bersama anggota DPR RI Andre Rosiade (paling kiri) menyerahkan bantuan semen sebanyak 1000 zak dari program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN)  untuk pembangunan Masjid Istigfar yang tertimbun material galodo. Bantuan diterima Sekdakab Agam Martiaswanto.
Direktur Operasi PT Semen Padang Firdaus (tengah) bersama anggota DPR RI Andre Rosiade (paling kiri) menyerahkan bantuan semen sebanyak 1000 zak dari program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) untuk pembangunan Masjid Istigfar yang tertimbun material galodo. Bantuan diterima Sekdakab Agam Martiaswanto. ()

AGAM, KLIKPOSITIF - Setelah mengirim bantuan logistik dan relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk membantu korban galodo di Jorong Galapung, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Agam, PT Semen Padang yang merupakan grup dari PT Semen Indonesia (Persero), Tbk, menyerahkan bantuan semen sebanyak 1000 zak, Minggu (24/11/2019).

Bantuan dari program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) yang akan dimanfaatkan untuk pembangunan Masjid Istigfar yang tertimbun material galodo, diserahkan secara simbolis oleh Direktur Operasi PT Semen Padang Firdaus, kepada Sekdakab Agam Martiaswanto, di Posko Bencana Galodo Jorong Galapung. Penyerahan bantuan itu disaksikan oleh Anggota DPR RI Andre Rosiade.

Pada saat bersamaan, Andre Rosiade juga menyerahkan secara simbolis bantuan logistik dan uang tunai dari Pupuk Iskandar Muda yang merupakan bagian dari Pupuk Indonesia kepada Sekdakab Agam Martiaswanto. Politisi Partai Gerindra itu berharap agar bantuan dari BHUN ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Baca Juga

"Mudah-mudahan bantuan semen dari PT Semen Padang dan bantuan logistik serta uang dari Pupuk Iskandar Muda yang saya serahkan ini, bermanfaat untuk korban galodo di Jorong Galapung ini," kata Andre Rosiade usai penyerahan bantuan semen dan logistik di Posko Bencana Galodo di Jorong Gapulai, Minggu (24/11/2019) sore.

Anggota DPR RI Komisi VI itu juga mengapresiasi PT Semen Padang, karena selain menyerahkan bantuan semen, perusahaan semen kebanggaan masyarakat Sumbar ini sebelumnya, juga mengirimkan bantuan relawan TRC Semen Padang dan logistik untuk membantu Pemkab Agam dalam membersihkan rumah warga dan fasum yang ditimbun material galodo.

"Saya apresiasi PT Semen Padang yang telah mengirimkan TRC dan logistik sejak hari pertama ke lokasi bencana galodo, dan ini menunjukan bahwa Semen Padang bagian dari Semen Indonesia Group, peduli untuk negeri," ujar Anggota DPR RI Dapil Sumbar I ini.

Hal yang sama juga disampaikan Sekdakab Agam Martiaswanto. Kata dia, bantuan yang diberikan Semen Padang, terutama semen, sangat besar manfaatnya bagi masyarakat, khususnya di Jorong Galapung. "Kami akan manfaatkan semen ini untuk membangun masjid. Masjid ini penting untuk masyarakat Galapung," katanya.

Direktur Operasi PT Semen Padang Firdaus mengatakan bahwa bantuan relawan TRC Semen Padang, logistik dan semen ini diberikan, merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap bencana galodo di Jorong Galapung, apalagi dampak galodo sangat parah, karena fasilitas umum berupa masjid dan MDA serta rumah warga sebanyak 14 unit rusak parah dan sedang.

"Bantuan semen ini kami berikan, agar infrastruktur umum yang rusak dapat segera diperbaiki kembali, terutama Masjid Istigfar yang telah rusak parah akibat galodo dan akan kembali di bangun di tempat aman. Dan semoga, bantuan semen ini dapat memeunuhi kebutuhan semen untuk pembangunan kembali masjid tersebut," kata Firdaus.

Terkait bantuan semen dari PT Semen Padang, Wali Nagari Tanjung Sani Maizon yang ditemui di lokasi bencana mengatakan bahwa pembangunan kembali Masjid Istigfar akan dilakukan secepat mungkin. Ada dua calon lokasi pembangunan masjid tersebut. Namum untuk memastikan di mana tempatnya, Maizon mengaku masih menunggu keptusan rapat.

"Hari ini akan kami rapatkan dengan jajaran Pemerintahan Agam dan Jorong, karena ada dua calon lokasi, yaitu ke arah Selatan Galapung yang jaraknya sekitar 800 meter dari lokasi bencana galodo ini, dan satu lagi ke arah selatan yang jaraknya sekitar 700 meter dari dari sini (lokasi galodo). Dan lokasinya aman dari galodo ataupun longsor," kata Maizon.

TRC Ditarik dari Lokasi

Selain menyerahkan bantuan semen, di saat bersamaan, PT Semen Padang juga menarik TRC Semen Padang dari lokasi bencana galodo. Relawan kebencanaan PT Semen Padang ditarik, karena sudah empat hari berada di lokasi bencana galodo di Jorong Galapung.

"Hari ini kami kembali ke Padang, karena jadwal penanggulangan bencana yang kami lakukan di lokasi bencana Galodo di Galapung, dijadwalkan berakhir hari ini," kata Koordinator Lapangan TRC Semen Padang untuk Penanggulangan Bencana Galodo Jorong Galapung, Ismail di lokasi bencana.

Ismail menuturkan, selama empat hari di lokasi bencana galodo, pihaknya sudah membantu masyarakat terdampak, intansi dari BPBD, TNI, Polri dan relawan yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Bencana Galodo Jorong Galapung yang dipimpin Dandim 0304/Agam, Letkol Inf Vicktor Andika Cokro, untuk membantu penanggulangan bencana galodo.

"Sejak hari pertama, kami bersama relawan lainnya, termasuk dari BPBD, TNI dan Polri, telah bergotong-royong membersihkan material galodo seperti lumpur, tanah dan pasir serta batu yang menimbun fasilitas umum, termasuk rumah warga. Kemudian, kami juga membantu mendistribusikan logistik yang datang dari berbagai pihak ke Posko Bencana Galodo," ujarnya. (*)

Penulis: Riki S