Selama 2019, Semen Padang Salurkan Beasiswa Rp726 Juta

Manager Operasional Dumai Semen Padang, Teguh Sofyanto menyerahkan bebasiswa secara simbolis kepada pelajar di Dumai.
Manager Operasional Dumai Semen Padang, Teguh Sofyanto menyerahkan bebasiswa secara simbolis kepada pelajar di Dumai. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - PT Semen Padang telah menyalurkan beasiswa sebesar Rp726.950.000 kepada penerima yang terdiri dari pelajar SD/MI, SMP/MTs/SMA/MA, mahasiswa perguruan tinggi dan atlet berprestasi untuk dua semester.

Pada semester I Tahun Ajaran 2018/2019 yakni pada Mei 2019, PT Semen Padang mengucurkan beasiswa sebesar 368.050.000 kepada sebanyak 693 penerima di wilayah Kota Padang, perwakilan Dumai dan Lampung. Sedangkan pada semester II disalurkan sebanyak 358.900.000 pada Desember 2019 kepada sebanyak 683 penerima.

Kepala Unit CSR Semen Padang , M Ikrar di Padang, Senin (30/12/2019) mengatakan, beasiswa pendidikan yang disalurkan tersebut, diberikan untuk pelajar yang kurang mampu namun berprestasi di sekitar lingkungan perusahan, mulai dari SD hingga perguruan tinggi dan ditambah atlet berprestasi binaan FKKSP.

Baca Juga

Untuk daerah Padang, proses penyaluran dilakukan dengan sistem transfer langsung kepada penerima, sedangkan untuk wilayah Dumai dan Lampung dilakukan penyerahan secara langsung. " Beasiswa ini rutin dilakukan oleh CSR Semen Padang dalam dua periode setiap tahunnya," ungkap M Ikrar.

Ia mengatakan, b easiswa dan bantuan pendidikan dari CSR semen Padang ini kami berikan secara berkelanjutan untuk setiap pelajar dan mahasiswa yang dimonitoring dan evaluasi setiap semesternya.

Jika pelajar dan mahasiswa tersebut dapat mempertahankan nilainya sesuai standar yang kami tetapkan, maka mereka akan tetap memperoleh beasiswa . "Sedangkan jika nilainya kurang, maka akan dievaluasi oleh sekolah masing-masing," ujarnya.

Ikrar pun berharap, agar pelajar dan mahasiswa yang menerima beasiswa dari CSR Semen Padang , terus dapat mempertahankan bahkan meningkatkan nilai prestasinya, karena peningkatan prestasi siswa itu sendiri merupakan bentuk keberhasilan dari program beasiswa tersebut.

"Ke depan, program beasiswa dan bantuan pendidikan yang rutin disalurkan dua kali setahun ini akan terus kami kembangkan agar lebih optimal dalam mendorong pelajar dan mahasiswa terbaik bangsa menjadi berkualitas dan mandiri," beber Ikrar.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Barlius, mengapresiasi PT Semen Padang yang selalu rutin memberikan beasiswa kepada pelajar dan atlet berprestasi di Kota Padang. Menurutnya, apa yang dilakukan Semen Padang itu merupakan wujud nyata bahwa Semen Padang peduli terhadap pendidikan .

" Semen Padang punya komitmen yang kuat untuk memajukan pendidikan , dan itu dapat dilihat bukan hanya dari program beasiswa saja, tapi juga dari adanya sekolah dari TK hingga se tingkat SMA di Semen Padang . Untuk itu, mewakili Pemko Padang, saya pun berterimakasih kepada Semen Padang yang telah peduli pada pendidikan ," katanya.

Ia berharap, perusahaan lainnya di Kota Padang, dapat menjadikan apa yang dilakukan oleh Semen Padang itu sebagai contoh dalam menerapkan konsep CSR -nya. "Perusahaan lain di Padang ini kan banyak. Kalau bisa, jadikan beasiswa sebagai program rutin CSR , apalagi untuk memajukan ekonomi masyarakat, harus dimulaibdari SDM yang berkualitas," ujarnya.

Disalurkan Langsung

Pada Jum'at 27 Desember 2019, PT Semen Padang menyalurkan langsung beasiswa semester II kepada pada penerima untuk wilayah Dumai dan Lampung.
Untuk wilayah Dumai, beasiswa diserahkan kepada 50 penerima di Kelurahan Bangsal Aceh Kec. Sungai Sembilan.

Sekretaris Lurah Kelurahan Bangsal Aceh Kec. Sungai Sembilan, Ganda Prawiranata, sangat berterimakasih atas yang dilakukan Semen Padang kepada warganya. Ia berharap, beasiswa ini dapat bermanfaat bagi pendidikan anak-anak yang terus menggapai cita-citanya.

"Kami sangat berharap kepada anak-anak yang menerima beasiswa , dapat memanfaatkan uang yang diterima sebaik mungkin untuk melanjutkan pendidikan . Sehingga nantinya, akan lahir generasi yang dapat memajukan daerah kedepannya," sebutnya saat menghadiri penyerahan beasiswa yang juga dihadiri Manager Operasional Dumai Semen Padang , Teguh Sofyanto dan Ketua LPM Kel Bangsal Aceh Kec Sungai Sembilan, Amin.

Untuk Wilayah Perwakilan Lampung, CSR Semen Padang juga menyalurkan beasiswa kepada 50 orang anak yang tidak mampu dan berprestasi di Desa Rangai Tritunggal Kecamatan Katibung, Lampung Selatan.

Kepala Desa Rangai Tritunggal Kecamatan Katibung, Lampung Selatan Syofyan menyampaikan terimakasih atas perhatian PT Semen Padang yang telah memberikan beasiswa kepada masyarakatnya.

"Inilah contoh hubungan harmonis antara perusahaan dengan masyarakat yang perlu ditiru oleh perusahaan lainnya," kata Syofyan. (*)

Baca Juga

Penulis: Riki S