Semen Padang Gelar Lomba HSE Challenge

Peserta lomba HSE Challange tengah memadamkan kobaran api menggunakan karung goni.
Peserta lomba HSE Challange tengah memadamkan kobaran api menggunakan karung goni. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebanyak 11 tim dari berbagai departemen di lingkungan PT Semen Padang , mengikuti lomba HSE Challenge yang digelar dalam rangka peringatan Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu Semen Padang tahun 2020.

Bertempat di lapangan Fire Ground SP, Rabu (29/1/2020), lomba HSE Challange itu disambut meriah para peserta, apalagi selama lomba berlangsung, juga ada doorprize dengan hadiah menarik berupa magic com, jam dinding, baju dan lain sebagainya.

"Selain doorprize, kami dari panitia juga menyediakan hadiah uang tunai dan piagam bagi juara masing-masing stage, dan juara I, II dan III," kata Ketua Panitia Hari K3 Nasional dan Bulan Mutu Semen Padang tahun 2020 Hendri Priparis di lokasi lomba.

Baca Juga

Dijelaskannya, ada 6 stage lomba yang diikuti oleh semua tim. Stage 1, lomba cerdas cermat, stage 2, lomba bekerja diketinggian, stage 3 lomba smoke chamber (pencarian dan evakuasi korban kebakaran), dan stage 4 lomba P3K berupa pertolongan pertama terhadap korban kebakaran.

Kemudian stage 5 lomba pemadaman api kecil menggunakan karung goni, dan stage 6 yaitu lomba pemadaman api besar menggunakan hydrant. "Dalam lomba ini, kami juga menghadirkan pihak dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang sebagai juri," ujarnya.

Selain juri dari Dinas Pemadam Kebakaran, lanjut Hendri, juri lainnya adalah dari pensiunan Kepala Bidang Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Semen Padang , dokter dari Semen Padang Hospital, dan dari IRATA Internastional yang merupakan lembaga Rope Access, yaitu bekerja menggunakan akses tali.

"Masing-masing juri memberikan penilian sesuai dengan keahliannya masing-masing," ujarnya.

Lomba HSE Challenge ini merupakan agenda tahunan Semen Padang yang digelar dalam rangka Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu. Di mana sebelumnya, sebut Hendri, Dirjen Disnaker dan Dirjen ESDM meminta seluruh instansi perusahaan untuk mendukung Hari K3 Nasional.

Semen Padang sebagai bagian dari BUMN, tentunya ikut serta mendukung Bulan k3 Nasional tersebut. "Nah, salah satunya dengan menggelar lomba HSE Challange, dan lomba ini diikuti oleh 11 departemen di lingkan PT Semen Pasang," bebernya.

Selain menggelar lomba HSE Challenge, Hendri juga menuturkan bahwa dalam rangka Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu Semen Padang tahun 2020, pihaknya juga menggadakan lomba Mine Rescue Challenge yabg akan dilaksanakan di area tambang pada 5-7 Februari mendatang.

Lomba Mine Rescue Challenge itu akan diikuti oleh perusahaan tambang yang ada di Sumbar. Pada lomba tersebut, PT semen Padang bekerjasama dengan Dinas ESDM Provinsi Sumbar, Persatuan Perhimpunan Ahli Tambang Sumbar dan Basarnas Padang.

Selain digelar dalam ranga Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu, bagi perusahaan Semen Padang , lomba HSE Challenge ini sangat besar manfaatnya, karena juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan minat seluruh level, bahwa keselamatan kerja itu penting.

"Bagi perusahaan, lomba ini sekaligus untuk meningkatkan Key Performance Indeks (KPI) di bidang zero accident. Jadi target 2020, di Semen Padang ini tidak boleh ada kecelakaan kerja sama sekali," ungkap Hendri.

Sementara itu, juri dari IRATA Internastional Marsudi mengatakan bahwa penampilan para peserta lomba HSE Challenge ini rata-rata sudah bagus. Terutama soal ketinggian, karena para peserta pada umumnya sudah mengetahui cara bekerja di ketinggin.

"Kemudian para peserta juga sudah memperhatikan ergonomi ketika melakukan pengangkatan material, dan kerjasama tim juga sangat baik," katanya.(*)

Baca Juga

Editor: Riki S