Pelaksanaan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT Semen Padang tahun 2020 Ditutup

Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri, membacakan amanat upacara penutupan Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu tahun 2020.
Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri, membacakan amanat upacara penutupan Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu tahun 2020. (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF -

Pelaksanaan bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja ( K3 ) Nasional dan Bulan Mutu PT Semen Padang tahun 2020 berlangsung sukses. Berbagai rangkaian kegiatan telah selesai dilaksanakan dan ditutup dengan upacara di Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang, Rabu (13/2/2020).

"Berbagai kegiatan yang telah digelar dan berjalan sukses, tentunya diharapkan dapat memberikan pemahaman, meningkatkan kepedulian, dan penyampaian informasi K3 , mutu dan inovasi kepada seluruh insan peruahaan," kata Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri dalam amanatnya pada upacara penutupan Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT Semen Padang tahun 2020.

Hadir pada upacara itu Direktur Keuangan PT Semen Padang Tubagus Muhammad Dharury, jajaran staf pimpinan, dan karyawan/wati Semen Padang Group. Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri mengharapkan pelaksanaan Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu di PT Semen Padang, dapat meningkatkan semangat seluruh insan perusahaan, serta dapat memberikan ide-ide kreatif serta masukan-masukan yang dapat meningkatkan nilai perusahaan.

Baca Juga

Atas nama manajemen perusahaan, Yosviandri pun menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh panitia pelaksana, karyawan dan unit kerja yang terlibat dalam pelaksanaan acara Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT Semen Padang tahun 2020.

Kemudian kepada seluruh pemenang lomba yang digelar dalam rangka Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu, termasuk kepada champion dalam ajang Semen Padang Improvement Event (SPIE), Ia pun mengucapkan selamat atas pretasi yang telah diraih.

Mudah-mudahan, katanya, prestasi terbaik itu dapat dipertahankan, serta dapat berkontribusi nyata dalam peningkatan kinerja perusahaan. "Kepada tim/unit kerja yang belum memperoleh kategori terbaik, kami harap agar ke depan lebih berperan aktif dala menciptakan budaya K3 dan inovasi di unit kerja masing-masing," ujarnya.

Yosviandri juga menyampaikan bahwa 11 Februari 2020 telah dilakukan launching Corporate rebranding Semen Indonesia. Dan tentunya, launching pergantian logo tersebut menjadi momentum besar bagi perusahaan Semen Indonesia Group.

Pergantian logo Semen Indonesia itu, sebutnya, merupakan bagian dari transformasi perseroan untuk membangun kehidupan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang, apalagi saat ini perseroan juga fokus mengembangkan inovasi untuk menjawab tantangan yang ada di bidang building material, dan memberikan solusi kepada seluruh stakeholder.

"Semen Indonesia kini telah berevolusi. Tidak hanya sebagai sebuah perusahaan persemenan, tapi juga telah menjadi perusahaan penyedia solusi bahan bangunan, dan ingin menjadi yang terdepan dalam memberikan solusi bahan bangunan yang inovatif, terbaru dan bernilai tambah di kancah regional," tuturnya.

Hal tersebut, tambahnya, tentu menjadi tantangan untuk seluruh insan perusahaan di lingkungan semen Indonesia group.Untuk itu, seluruh insan perusahaan harus lebih lincah dan adaptif dalam merespon segala peruabahan yang terjadi, sehingga tetap dapat berkembang dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

"Tugas besar sudah di depan mata. Mari amankan target 2020 dan tingkatkan kualitas SDM, serta memperbaiki sistim kerja untuk menghadapi kompetisi, serta tingkatkan komunikasi, koordinasi dan kerjasama agar seluruh pekerjaan dapat selesai dengan baik," ujarnya.

Ketua Panitia Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT semen Padang Hendri Priparis menyampaikan bahwa selama Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT Semen Padang, pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan yang diawali dengan upacara pembukaan Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT Semen Padang pada 13 Januari 2020.

Usai upacara pembukaan, juga dilakukan penanaman pohon sebanyak 300 batang di area check dam los tambang PT Semen Padang, pemilihan Tim K3LH Teladan dan pemilihan Tempat Kerja Teladan berbasis 5P, yang digelar sejak 15-31 Januari 2020, kegiatan HSE Challenge di area Fire Ground pada 29 Januari 2020.

Kemudian kegiatan Mining Rescue yang telah dilaksanakan pada tanggal 3--6 Februari 2020 di Villa 242 IUP Batu Kapur Tambang PT Semen Padang, dan kegiatan tersebut diikuti oleh 10 Tim Mine Rescue dari berbagai perusahaan.

Selain itu, juga ada kegiatan talkshow Bulan K3 yang digelar 7 Februari 2020 di Wisma Indarung, dan talkshow tersebut diikuti oleh 200 orang peserta yang berasal dari pemegang IUP Sumatera Barat, mahasiswa serta anggota Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi).

Talkshow tersebut juga dihadiri oleh narasumber dari kementerian ESDM, yaitu Direktur Teknik Lingkungan Mineral dan Batubara Sri Raharjo, Ketua Perhapi Pusat, Rizal Kasli, Direktur Operasi PT Dahana Persero, Bambang Agung S, dan Kepala Bidang Mineral dan Batu Bara Dinas ESDM Sumatera Barat, Jhon Edward.

Kegiatan lainnya, lanjut Hendri Priparis, yaitu lomba Pengelolaan Arsip yang dilaksanakan pada tanggal 14-20 Januari 2020, dan diikuti oleh 10 unit kerja, Seminar K3 tanggal 10 Februari 2020 di Gedung Serba Guna PT Semen Padang dengan menghadirkan narasumber dari Dewan Pengawasan Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia, Eko Gunarto.

Narasumber lainnya, adalah dokter kesehatan alami, sekaligus penggagas jurus sehat Rasulullah, Zaidul Akbar dengan tema tentang Hidup Sehat. Di samping seminar K3 , juga ada kegiatan Penganugerahan SPIE Tahun 2019 dan launching SPIE 2020/2021. (*)

Baca Juga

Editor: Riki S